Share

Puncak Arus Mudik, 70.000 Kendaraan Diprediksi Melintasi Cipali

Dwi Ayu Artantiani , Okezone · Kamis 30 Juni 2016 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 30 525 1429098 puncak-arus-mudik-70-000-kendaraan-diprediksi-melintasi-cipali-oepPaVouka.jpg Ilustrasi (Okezone)
A A A

CIREBON – Memasuki H-6 Lebaran, volume kendaraan yang melintasi Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) terlihat mulai meningkat. Pada Rabu 29 Juni 2016, sebanyak 15.800 kendaraan melintas di gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat.

Wakil Direktur PT Lintas Marga Sedaya, Hudaya Arryanto mengungkapkan, pada saat normal, volume kendaraan yang melintasi Tol Cipali dari arah Jakarta yang keluar di gerbang tol (GT) Palimanan rata-rata 12.000 kendaraan per hari. Namun, saat ini rata-rata mencapai 15.800 kendaraan.

Ia mengutarakan, untuk arus mudik tahun ini, diprediksikan puncak kepadatan di gerbang tol Palimanan dapat mencapai 65.000-70.000 kendaraan per hari.

Untuk mengantisipasi pertambahan volume kendaraan, pihaknya telah memperluas GT Palimanan dengan menambah jumlah gardu pembayaran dari 11 gardu menjadi 26 gardu. Di samping itu, pemudik bisa melalukan pembayaran secara elektronik.

(Baca Juga : Tol Cipali Siap 100 Persen Hadapi Arus Mudik)

Selain itu, pihaknya melakukan peningkatan fasilitas demi aspek keselamatan, yang meliputi pemasangan wire rope di daerah tikungan untuk mencegah terjadinya kendaraan pindah jalur/arah dan memasang penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya di beberapa lokasi untuk melengkapi PJU konvensional yang telah terpasang sebelumnya sesuai aturan desain jalan tol.

Sementara terkait peningkatan fasilitas di rest area selama musim mudik, Hudaya mengungkapkan, pihaknya telah menambah pasokan air bersih serta menambah kapasitas tanki penyimpanan air di rest area type B (kecil) hingga lima kali lipat. Fasilitas toilet umum juga ditambah untuk mengantisipasi banyaknya pengguna rest area serta menambah kapasitas parkir kendaraan.

“Penambahan fasilitas ini dilakukan agar masyarakat dapat menggunakan jalan Tol Cipali dengan aman dan nyaman saat perjalanan mudik,” katanya, Kamis (30/6/2016).

Ia mengimbau kepada para pemudik untuk selalu mengutamakan keselamatan selama berkendara. Pengguna jalan diharapkan mematuhi batas kecepatan berkendara sesuai dengan rambu-rambu yang ada.

"Selain itu, pengemudi diimbau untuk tidak memaksakan berkendara jika merasa tubuh dalam kondisi lelah dan mengantuk, sangat dianjurkan untuk beristirahat di rest area. (Pemudik) diharapkan untuk menyiapkan uang pas atau kartu pembayaran elektronik untuk mempercepat transaksi di gerbang tol," paparnya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini