Share

Mercedes Benz Kembangkan Teknologi Pengatur Suhu Ban

Mufrod, Okezone · Jum'at 01 Juli 2016 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 01 15 1430341 mercedes-benz-kembangkan-teknologi-pengatur-suhu-ban-hr0uQXb7oc.jpg Gambar paten teknologi pengatur suhu ban Mercedes Benz (foto: Motoring)

STUTTGART - Sebuah teknologi baru yang tengah dikembangkan Mercedes Benz baru-baru ini bocor. Informasi tersebut terungkap ketika Mercy mengajukan paten terhadap teknologi terbarunya tersebut.

Selain gambar paten yang diketahui bocor, dokumen mengenai cara kerja teknologi ini juga sudah terbongkar. Dalam dokumen disebutkan teknologi pengatur suhu ban bekerja untuk mengoptimalkan kinerja traksi ban pada mobil. Demikian seperti dilaporkan Motoring, Jumat (1/7/2016).

Sistem kerja teknologi ini menggunakan sistem penyemprotan menggunakan air yang diatur menggunakan sensor suhu udara. Ketika suhu udara dingin maka sensor akan menyemprotkan air hangat pada ban. Begitu pula sebaliknya ketika suhu panas ban akan disemprotkan air dingin.

Dalam gambar paten yang terlihat, Mercedes Benz menggunakan tiga perangkat penyemprot air yang terletak di bawah fender mobil. Hal ini memungkinkan seluruh permukaan ban mendapat semprotan air secara merata.

Dengan teknologi ini, Mercedes Benz mengklaim kinerja ban akan lebih maksimal terutama dalam kontrol suhu saat ban bekerja. Saat suhu ban terjaga maka daya cengkram ban lebih maksimal di lintasan jalan.

Teknologi ini juga dianggap bisa meningkatkan usia pakai ban, karena permukaan karet tidak cepat terkikis karena suhu ban terjaga.

Hingga kini, belum diketahui apakah teknologi ini akan digunakan untuk produk komersil Mercedes Benz atau pada model yang dirancang divisi racing AMG.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini