Share

Sekap 106 Pengungsi di Truk, Dua WN Rumania Ditahan

Silviana Dharma , Okezone · Sabtu 02 Juli 2016 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 01 18 1430975 sekap-106-pengungsi-di-truk-dua-wn-rumania-ditahan-0kiRmbMJ2P.jpg Ilustrasi. Pengungsi disekap di truk tertutup. (Foto: Barcroft/Mirror)
A A A

CSONGRÁD – Pengadilan Negeri Csongrád menahan dua pria warga negara Rumania atas dakwaan terlibat dalam upaya perdagangan orang dari Austria ke Hungaria. Salah satu dari mereka bahkan dikenakan pasal tambahan, yakni pasal pembunuhan dan kekejaman berlebihan terhadap beberapa orang, termasuk anak-anak.

Keduanya ditahan setelah polisi Hungaria mendapati mereka sedang berusaha menyelundupkan 106 orang pengungsi yang disekap dalam sebuah mobil truk saat cuaca di luar tengah terik-teriknya. Truk yang mencurigakan itu dicegat di dekat perkampungan Morahalom, berbatasan dengan Serbia pada Juni 2015.

Ratusan pengungsi dijejal dalam ruangan kedap udara berukuran 10 meter persegi. Sehingga dalam hitungan menit setelah truk berangkat, mereka megap-megap mencari udara dan memprotes dengan menggedor pintu.

“Di dalamnya banyak anak-anak dan bayi. Orang bisa saja mati (karena sesak napas) jika terkurung 20 sampai 25 menit di dalamnya. Sementara pintunya tidak bisa dibuka dari dalam, dan beberapa orang sudah semaput kekurangan oksigen,” kata jaksa penuntut umum yang dipercaya menangani kasus ini, seperti disitat dari Reuters, Sabtu (2/7/2016).

Sebelumnya, pada Agustus 2015, sedikitnya 71 orang yang diduga merupakan pengungsi ilegal ditemukan meninggal akibat sesak napas di dalam sebuah truk di Austria. Kasus serupa juga terjadi di daratan Afrika. Pada 16 Juni 2016, sekira 19 pengungsi dari Ethiopia ditemukan tewas dalam sebuah truk kontainer di luar kota Mwenda, dekat perbatasan Kongo dengan Zambia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini