Share

Jokowi Pastikan Daftar Tax Amnesty 95% Pengusaha

Hendra Kusuma , Okezone · Jum'at 01 Juli 2016 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 01 20 1430397 jokowi-pastikan-daftar-tax-amnesty-95-pengusaha-YPH4enJRUL.jpg Ilustrasi: Dok Okezone.
A A A

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan 95 persen nama-nama orang Indonesia yang akan mengikuti program pengampunan pajak merupakan pengusaha.

"Hampir 95 persen pengusaha," kata Jokowi di Kantor DJP, Jakarta, Jumat (1/7/2016).

[Baca juga: Jokowi Buka-bukaan soal Tax Amnesty]

Jokowi menyebutkan, pemerintah telah memiliki daftar nama-nama pemilik dana yang selama ini diparkirkan di luar negeri. Pemilik nama tersebut, akan dipanggil satu persatu dalam rangka implementasi UU Tax Amnesty.

"Ini kan dana-dana ini kan milik kita, masa mereka hidup di Indonesia, mencari rizki di Indonesia, uangnya ditaruh di luar, saya hanya ingin mengajak agar dana-dana itu bisa kembali ke negara kita," katanya.

[Baca juga: Dana Repatriasi Tax Amnesty Jangan Sampai Jadi 'Uang Panas']

Mantan Wali Kota Solo ini menyebutkan, pemerintah akan mengajak seluruh pengusaha yang memang terbukti menaruh dananya di luar negeri. Meskipun, Jokowi mengaku hal tersebut tidak melulu langsung disepakati.

"Ini masalah psikologis, jadi jangan tanya berapa besar, kalau psikologisnya mereka ini merasa bahwa payung hukumnya jelas, ada kenyamanan berusaha di negara kita, ada kenyamanan menyimpan uangnya di negara kita, ada kepastian ekonomi di negara kita, ada kepastian hukum di negara kita, ya akan kembali," tandasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini