Share

H-2, Harga Daging Sapi Diperkirakan Naik Jadi Rp135 Ribu/Kg

ant , Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2016 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 01 320 1430938 h-2-harga-daging-sapi-diperkirakan-naik-jadi-rp135-ribu-kg-ct5yD9hZ8D.gif Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

PADANG - Harga daging dan sejumlah bahan pokok lainnya di Kota Padang, Sumatera Barat, diperkirakan mengalami kenaikan pada H-2 Lebaran meskipun hari ini harga kebutuhan pokok tersebut masih stabil.

"Hari ini harga daging masih Rp120 ribu per kilogram, tapi dua hari menjelang Lebaran kemungkinan akan naik sampai Rp135 ribu per kilogram," ujar salah seorang penjual daging, Hendro (37) di Pasar Raya Padang, Jumat (1/7/2016).

Ia memperkirakan naiknya harga daging disebabkan banyaknya permintaan menjelang dua hari Lebaran nanti.

"Nanti saya juga akan menambah pasokan, jika biasanya menjual satu ekor, saat permintaan tinggi saya akan jual dua ekor," ungkapnya.

Selain tingginya permintaan, tidak adanya impor daging di Sumbar juga menjadi penyebab kenaikan harga tersebut.

"Daging yang dijual di sini bukan daging impor tapi daging sapi lokal jadi wajar harganya tinggi," ujarnya.

Ia mengatakan sapi tersebut berasal dari daerah Sumbar seperti Solok, Pesisir Selatan, Pariaman, Padang Panjang dan lainnya.

Ia juga menyebutkan walaupun daging impor dijual di Padang peminat daging tersebut tidak ada.

Terkait perkiraan kenaikan daging hal serupa juga disampaikan pedagang lainnya Wahyu (24) di Pasar Belimbing Padang.

"Sekarang harga sama dengan kemarin, tapi mulai Senin sampai Selasa mungkin akan naik sampai Rp150 ribu perkilogram," ujarnya.

Menurutnya padatnya daerah Belimbing memungkinkan permintaan lebih tinggi yang menyebabkan harga bisa naik.

Sementara itu selain harga daging, lonjakan harga juga akan terjadi pada bahan pokok lainnya seperti cabe.

Salah seorang penjual cabai di Pasar Banda Buek Padang, Giyo (29) menambahkan hari ini harga cabai hanya Rp13 ribu per kilogram.

"Dua hari jelang Lebaran saya yakin harga cabai akan naik sampai Rp30 ribu per kilogram seperti di Pasar Raya Padang," katanya.

Ia mengaku merasa rugi menjual cabai hari ini, karena tiba-tiba harganya turun hanya saja karena takut busuk ia tetap menjualnya.

Sebelumnya seorang penjual cabai Budiman (52) di Pasar Raya Padang menerangkan harga cabai masih stabil yaitu Rp24 ribu per kilogram.

"Sekarang harga masih stabil, pada harga bawang juga tidak terjadi kenaikan yang besar, namun jelang Lebaran nanti tidak bisa saya pastikan," lanjut dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini