Share

TOP TRAVEL 1: Ini Destinasi Wisata Muslim Terbaik Dunia

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2016 23:54 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 01 406 1431043 top-travel-1-ini-destinasi-wisata-muslim-terbaik-dunia-9aJTaEwA1U.jpg Mengintip destinasi wisata Muslim dunia (Foto: Travel.cab)

WISATAWAN Muslim kian banyak bepergian saat Ramadan. Negara mana saja yang menjadi tujuan wisata terbaik bagi wisatawan Muslim?

Mulai 2016 hingga tahun 2020, Malaysia menempati peringkat teratas dalam daftar negara destinasi wisata terbaik untuk wisatawan Muslim. Peringkat Malaysia kemudian diikuti oleh Indonesia dan Singapura yang masing-masing berada di peringkat kedua dan ketiga.

Daftar peringkat tersebut dirilis berdasarkan penelitian terbaru oleh MasterCard dan CrescentRating yang dirilis pada pertengahan Juni lalu.

Penelitian ini juga mengindentifikasi beberapa alasan mengapa Malaysia menduduki daftar peringkat tertinggi, termasuk strategi pemasaran untuk menarik wisatawan Muslim. Namun selain Asia Tenggara, negara-negara Timur Tengah juga dinilai akan menjadi tujuan wisata menarik bagi wisatawan Muslim.

Hal ini dikarenakan mulai tahun 2023, bulan Ramadan diperkirakan akan jatuh pada bulan-bulan dengan iklim yang lebih dingin. Sehingga negara-negara seperti Uni Emirat Arab, Qatar dan Oman akan menjadi tujuan wisata menarik.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa hal ini akan berimbas positif pada negara-negara seperti Yordania, Mesir, Maroko dan Tunisia.

Namun imbasnya, tren tersebut akan membuat negara-negara Non-Islam (non-OIC) dan kawasan Asia Tenggara akan dilihat sebagai destinasi yang kurang menarik dan akan mengalami penurunan kedatangan wisatawan mulai tahun 2030.

“Dengan bepergian selama bulan Ramadan yang juga diperkirakan akan tumbuh pada dekade berikutnya, MasterCard-CrecentRating Ramadan Travel Report terbaru ini akan menjadi sebuah hasil penelitian yang berharga bagi perusahaan dan pemerintah dalam membantu mereka untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai kebutuhan dan pilihan dari wisatawan Muslim, serta bagaimana mereka dapat beradaptasi untuk menyediakan produk dan layanan yang sesuai bagi para wisatawan tersebut selama bulan suci Ramadan,” ujar Safdar Khan, Group Country Manager, Indonesia, Malaysia and Brunei dalam keterangan pers yang diterima Okezone, Jumat (1/7/2016).

Ada enam faktor pendorong mengapa wisatawan Muslim akan berbondong-bondong ke Timur Tengah belasan tahun mendatang.

Faktor pendorong tersebut termasuk pertumbuhan jumlah peziarah ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah Umrah, perjalanan bisnis, menghabiskan Ramadan bersama keluarga, merasakan Ramadan dalam lingkungan dan budaya yang berbeda, merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan kondisi cuaca ekstrem yang tidak menentu.

Penilaian pada destinasi wisata ini menggunakan tiga kriteria, yakni suhu rata-rata pada siang hari, durasi waktu berpuasa dan nilai Global Muslim Travel Index 2016 selama lebih dari 15 tahun hingga tahun 2030.

Terlepas dari tiga kriteria yang digunakan untuk analisa ini, Mekah dan Madinah (Arab Saudi), tetap menjadi destinasi teratas dari sudut pandang agama. Oleh karena itu, Saudi Arabia dikeluarkan dari daftar peringkat negara tujuan wisata Muslim.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini