Share

Pemudik Pengguna Kereta Api Menurun

Agregasi Pikiran Rakyat , Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2016 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 01 525 1430544 pemudik-pengguna-kereta-api-menurun-kaEsF1seF0.jpg ilustrasi (foto: Okezone)
A A A

TASIKMALAYA - Meskipun memasuki masa arus mudik lebaran, jumlah penumpang yang naik dari Stasiun Tasikmalaya justru menurun selama sepekan ini. Hal tersebut diungkapkan Kepala Stasiun Tasikmalaya Toni Haryanto, saat dijumpai dijumpai kantornya, Jumat, (1/7/2016).

Meskipun demikian,Toni menyebutkan jumlah penumpang lebaran tahun ini meningkat 40 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kalau sekarang ini justru menurun dari kondisi normal. Namun, tetap lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu. Rata-rata jumlah penumpang perhari mencapai 596 penumpang, dan masih didominasi kereta api ekonomi tujuan Jateng dan Jatim. Kalau kereta bisnis dan eksekutif masih sedikit," kata Toni.

Pemudik Tasikmalaya tujuan Jombang, Mardiono (40) saat dijumpai di Stasiun Tasikmalaya mengaku memilih mudik lebih awal karena tiket kereta api untuk keberangkatan H-3, Minggu, 3 Juli 2016 hingga H-1, Selasa, 5 Juli 2016 sulit didapat. Dia pun terpaksa izin sehari ke kantornya agar bisa mudik lebih awal bersama istri dan dua orang anaknya.

"Cari tiketnya susah kalau waktunya mendekati lebaran. Jadi saya pulang sekarang. Kebetulan hari ini terakhir kerja, dan sama bos diizinkan," ucap Mardiono.

Penumpang kereta lainnya, Lita (25) mengaku lebih memilih naik kereta karena memprediksi jalan darat mulai padat merayap. Padahal, ia hanya mudik dari Tasikmalaya menuju Cimahi.

"Kalau naik bus sepertinya sudah padat, jadi lebih baik naik kereta saja. Saya naik kereta tujuan Pasar Senen, nanti turun di Stasiun Cimahi," kata Lita.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini