Share

Tips Packing Mudik untuk Mahasiswa

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Sabtu 02 Juli 2016 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 01 65 1430381 tips-packing-mudik-untuk-mahasiswa-mIaCyGkHMq.jpg Ilustrasi: Shutterstock

BAGI mahasiswa yang akan mudik, berkemas alias packing cukup menguras tenaga dan perhatian. Sebab, tidak hanya kebutuhan sehari-hari, peralatan dan perlengkapan kuliah juga perlu diperhatikan.

Lantas, bagaimana packing yang tepat untuk mengemas semua barang keperluan selama mudik dalam satu koper?

Daftar

Yup! Langkah pertama adalah membuat daftar barang kebutuhan selama mudik. Daftar ini akan menjadi acuan sehingga proses packing lebih efektif dan efisien.

Saat membuat daftar, kamu bisa memasukkan kebutuhan pakaian, obat-obatan dan make up hingga alas kaki dan jaket. Jangan lupa, masukkan juga buku atau materi kuliah yang perlu dibawa ke dalam daftar.

Baju

Hitung dulu berapa hari kamu akan mudik dan acara apa saja yang akan didatangi. Kemudian, tentukan baju yang akan dibawa sesuai perhitungan tersebut. Tidak perlu berlebihan, apalagi jika ternyata kekurangan baju sehari-hari kamu bisa meminjam ke saudara di rumah.

Materi kuliah

Seperti halnya baju, enggak perlu membawa semua buku dan diktat. Cukup bawa beberapa buku yang amat perlu dipelajari. Akan lebih ringkas juga jika kamu membawa materi kuliah dalam bentuk file digital di flashdisk atau laptop.

Barang-barang berharga

Sebaiknya memang tidak meninggalkan barang berharga seperti laptop dan perhiasan di rumah kos. Namun jika terlalu merepotkan untuk dibawa atau khawatir dengan keamanannya, kamu bisa menitipkan barang-barang tersebut ke teman yang tidak mudik atau bahkan di kantor pegadaian. Tetapi, jangan lupa ditebus, ya!

Oleh-oleh

Urusan oleh-oleh ini terkadang lebih merepotkan ketimbang barang pribadi saat mudik. Jika kamu bisa pulang kampung beberapa kali dalam setahun, enggak perlu heboh membawa banyak oleh-oleh untuk keluarga. Namun jika hanya di momen Lebaran kamu bisa mudik, pertimbangkan dengan bijak saat berbelanja oleh-oleh agar tidak merepotkan saat dibawa, apalagi jika perjalananmu cukup jauh.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini