Share

Drama Penyanderaan di Kafe Bangladesh, 10 Orang Berhasil Diselamatkan

Silviana Dharma , Okezone · Sabtu 02 Juli 2016 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 02 18 1431288 drama-penyanderaan-di-kafe-bangladesh-10-orang-berhasil-diselamatkan-YhEahk4ida.jpg Polisi bebaskan 10 sandera di kafe di Dhaka, Bangladesh. (Foto: AFP)
A A A

DHAKA – Drama penyanderaan puluhan warga asing di Kafe Holey Artisan Bakery, Dhaka, Bangladesh masih berlangsung. Ratusan polisi sudah bergerak ke lokasi sejak Jumat 1 Juli 2016. Baku tembak untuk membebaskan para sandera pun sempat terjadi pada Sabtu 2 Juli dini hari waktu setempat.

Berdasarkan laporan CNN, Sabtu (2/6/2016), Wakil Sekretaris Kabinet Jepang, Koichi Hagiuda, dalam konferensi pers di Jepang menyatakan, operasi pembebasan tersebut sudah berhasil membawa keluar sedikitnya 12 orang.

Mengenai ada tidaknya orang Jepang yang ikut dibebaskan, Koichi mengaku belum bisa memastikan. Namun dilansir dari The Hindu, pada pukul 8.20 waktu Bangladesh, baru 10 orang yang berhasil dikeluarkan dan dua di antaranya adalah warga negara non-Bangladesh.

Selama upaya penyelamatan, yang sudah berlangsung lebih dari 10 jam, sejumlah saksi mata menuturkan, tidak henti-hentinya mendengar suara letusan senjata api. Sedikitnya dua polisi sudah menjadi korban tewas dan lebih dari 26 orang terluka.

Kelompok militan ISIS mengaku mendalangi serangan teror di negeri berpenduduk 160 juta jiwa dan didiami mayoritas umat Muslim tersebut. Namun begitu, intelijen Amerika Serikat menyebut, informasi itu belum bisa dikonfirmasi.

“Kami melihat klaim dari ISIS, bahwa mereka bertanggung jawab atas serangan di Dhaka. Akan tetapi, (klaim itu) belum bisa dikonfirmasi dan kami masih memilah informasi yang kami terima,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, John Kirby, yang juga mendapat informasi bahwa ada keterlibatan Al Qaeda dalam insiden ini. Bukannya ISIS.

Menurut Badan Intelijen Independen SITE yang berbasis di Maryland, AS, diperkirakan ada 35 orang yang disandera oleh kelompok militan tersebut, termasuk 20 orang warga negara asing.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini