Share

Menhub: Jumlah Penumpang Pesawat Paling Tinggi Dibanding Moda Lain

Raisa Adila , Okezone · Sabtu 02 Juli 2016 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 02 320 1431371 menhub-jumlah-penumpang-pesawat-paling-tinggi-dibanding-moda-lain-DCcc7GMmvr.jpg Menteri Perhubungan Ignasius Jonan (Foto : Okezone)
A A A

JAKARTA – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan, pertama kali dalam sejarah operasi angkutan Lebaran di Indonesia, jumlah penumpang angkutan umum dengan menggunakan pesawat udara diprediksi paling tinggi dibanding moda transportasi lainnya.

“Ini merupakan fenomena baru bahwa penumpang pesawat udara paling tinggi dibandingkan dengan moda lain,” jelas Menhub Jonan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/7/2016).

Dia menyebutkan untuk moda angkutan udara, Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah penumpang angkutan udara naik sebesar 7,6 persen yaitu sebanyak 4.648.047 juta penumpang dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebanyak 4.319.134 juta penumpang.

Kenaikan jumlah penumpang pada moda angkutan udara tersebut, menurut Jonan, adalah suatu gambaran bahwa masyarakat mulai menghargai waktu dan memiliki daya beli yang lebih baik dibanding tahun lalu. “Selain itu, dengan pengembangan kapasitas dan pelayanan di bandara yang selama ini dilakukan, standar pelayanannya semakin membaik, navigasi semakin baik, penerbangannya semakin disiplin sehingga semakin naik penumpangnya,” jelas Jonan.

Dia mencontohkan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, jumlah penumpang pada tujuh hari pertama masa angkutan lebaran 2016 (24 – 30 Juni 2016) mengalami kenaikan sebanyak 15 persen dan di Bandara Pangkalan Bun pun mengalami kenaikan jumlah penumpang sebanyak 10 persen.

[Baca juga: Selama Lebaran, Pengguna Tol Tangerang-Merak Dapat Diskon 20%]

“Ini sesuai dengan prediksi Pemerintah. Indonesia kan negara kepulauan, kalau jaraknya jauh ya masyarakat itu naik pesawat udara, kalau barang lewat tol laut,” tegas dia.

Untuk ke depannya, Jonan menambahkan, pertumbuhan udara akan semakin pesat. Oleh karena itu, dia berpesan agar operator penerbangan harus lebih disiplin dan regulator juga harus tegas.

Untuk moda lainnya, prediksi kenaikan jumlah penumpang juga terjadi di moda penyeberangan, laut, dan kereta api. Penumpang moda penyeberangan diprediksi mengalami kenaikan sebesar 3,5 persen yaitu sejumlah 3,698 juta penumpang. Jumlah penumpang pada moda penyeberangan pada tahun 2015 adalah sebanyak 3,572 juta penumpang.

Untuk moda kereta api, Kementerian Perhubungan memperkirakan mengalami kenaikan jumlah penumpang sebanyak 4,63 persen menjadi 4,113 juta penumpang dari 3,931 juta penumpang pada tahun sebelumnya.

Selanjutnya moda laut juga diperkirakan mengalami kenaikan jumlah penumpang sebanyak 3 persen menjadi 910.191 penumpang dari 883.681 penumpang pada masa angkutan Lebaran 2015.

Namun untuk moda jalan, Jonan menjelaskan bahwa penumpang pada moda jalan diprediksi mengalami penurunan sebesar 7,87 persen menjadi 4.328.337 penumpang dari 4.697.945 pada tahun sebelumnya. Untuk faktor turunnya penumpang angkutan jalan tersebut. Menhub Jonan menyatakan belum tahu faktor pasti penyebabnya. Namun Menhub menegaskan agar angkutan bus tersebut harus memperbaiki diri. “Faktor keselamatan dan pelayanan bus harus diperbaiki,” pungkas Menhub Jonan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini