Share

Kemenhub Perbaiki Rel yang Rusak Akibat Diterjang Banjir

Fiddy Anggriawan , Okezone · Sabtu 02 Juli 2016 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 02 337 1431352 kemenhub-perbaiki-rel-yang-rusak-akibat-diterjang-banjir-jLaGt0W4A5.jpg Ilustrasi Perbaikan Rel (foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berupaya memperbaiki rel di Jalur KA Petak Bangil-Pasuruan KM 58+1/9 yang menggantung akibat diterjang banjir pada Rabu 30 Juni 2016 lalu.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Hemi Pamuraharjo mengatakan, akibat banjir tersebut, ballast atau batu kerikil yang menjadi landasan rel ikut terbawa air yang mengakibatkan rel menggantung dan kereta tidak bisa melewati jalur tersebut.

"Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Timur, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kemenhub telah berupaya melakukan penanganan sedini mungkin musibah tersebut," ungkap Helmi dalam keterangan persnya.

Dia menambahkan, awalnya tenaga manusia digunakan secara langsung untuk mengangkut ballast ke lokasi kejadian, menyusul kemudian sebanyak 10 gerbong ballast didatangkan menggunakan kereta api gerbong terbuka.

"Jumlah tersebut ternyata belum mencukupi hingga kemudian didatangkan kembali ballast sebanyak 5.000 m3 dari Stasiun Bangil dan Stasiun Sidoarjo. Pada lokasi di mana terdapat rel menggantung juga telah diperkuat dengan perancah (penanganan darurat) dan sudah dilakukan proses angkat listring dengan dibantu alat berat," paparnya.

Dia berharap, pekerjaan perbaikan selesai Jumat 1 Juli 2016 dan segera dapat dilakukan uji coba. Jika tidak ada aral yang melintang, diprediksikan hari ini Sabtu 2 Juli 2016 jalur tersebut kembali berfungsi normal dan dapat digunakan untuk lalu lintas kereta dalam rangka angkutan Lebaran.

Hingga Jumat, kemarin terdapat 14 Nomor KA yang dibatalkan atau diputus relasinya. PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai operator telah melakukan berbagai alternatif pengganti pelayanan yang kepada konsumen yang rencana perjalanannya terganggu karena musibah ini.

"Perbaikan rel yang diterjang banjir ini merupakan upaya pemerintah untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada khususnya pada arus mudik dan balik lebaran ini. Hal tersebut sesuai fokus kerja Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan keselamatan dan pelayanan kepada masyarakat," simpulnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini