Share

Ngaku Diplomat Amerika, Bule Polandia Tipu WNI Rp1,3 Miliar

Regina Fiardini , Okezone · Sabtu 02 Juli 2016 08:52 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 02 338 1431178 ngaku-diplomat-amerika-bule-polandia-tipu-wni-rp1-3-miliar-4BH2kvXoKb.jpg Ilustrasi. (dok.Okezone)
A A A

JAKARTA - Seorang warga negara asing (WNA) asal Polandia, Pawel Cwiklinski (36) menipu wanita WNI dengan cara mengaku-ngaku sebagai Diplomat Amerika. Dengan cara itu, ia berhasil mendapat uang Rp1,3 miliar dari korbannya.

"Dia menipu korban, ngakunya sebagai Diplomat Amerika. Tapi sebenarnya dia disuruh sama temannya Colins Mark," kata Kasubdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan, Sabtu (2/7/2016).

Awal penipuan itu bermula dari pertemanan di media sosial Facebook antara korban dengan Mark pada 8 Juni 2016. Hingga akhirnya salinf tukar nomor telefon. Setelah itu, hubungan keduanya kian dekat layaknya pasangan kekasih.

Lalu pada 22 Juni 2016, pelaku yang mengaku-ngaku sebagai dokter bedah di Central Texas Medical Center mulai melancarkan tipu dayanya bahwa ia akan mengirimkan paket uang USD 2 juta kepada korban.

"Akhirnya Mark menyuruh Cwilinski untuk menghubungi korban dengan mengaku sebagai diplomat Amerika. Korban diminta menyediakan sejumlah uang hingga Rp2 miliar untuk membeli cairan agar uang dolar bisa dibawa dari Amerika," papar Hendy.

Wanita yang enggan disebutkan identitasnya itu pun dengan mudahnya percaya. Ia bahkan mengirim uang secara bertahap hingga mencapai Rp1,3 miliar.

"Tapi karena uangnya enggak sampai-sampai, dia akhirnya sadar sudah ditipu. Apalagi pelaku ini minta uangnya dikirimin terus," ucap Hendy.

Beruntung, Cwilinski sudah berhasil ditangkap pada Rabu 29 Juni 2016 pukul 03.00 WIB di Perumahan Green Lake City Cluster Amerika, Jl East Cost 1, Nomor 1, Kosambi, Jakarta Barat. Sementara Mark masih masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Dari penangkapan tersangka, polisi menyita tujuh HP, dua token BCA, satu ATM BCA, e-KITAS atas nama tersangka Pawel Ceilinski berikut paspor, koper berisi mata uang dolar palsu senilai USD 280, dan satu jerigen.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini