Share

Jelang Lebaran, Jumlah Pengemis di Jakarta Meningkat

Agregasi Sindonews.com , Jurnalis · Sabtu 02 Juli 2016 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 02 338 1431218 jelang-lebaran-jumlah-pengemis-di-jakarta-meningkat-RSemMjk6pT.jpg Ilustrasi Pengemis (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Menjelang Lebaran, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta menggelar penjangkauan malam gabungan terhadap para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) jalanan. Dalam razia PMKS yang dilakukan semalam hinga dinihari, petugas mengamankan 30 orang gelandangan dan pengemis.

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Masrokhan mengatakan, dalam penjangkauan itu sebanyak 30 orang PMKS jalanan berhasil dibawa ke Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 1, Jakarta Barat.

"Operasi gabungan ini merupakan kegiataan yang rutin kami lakukan. Sebenarnya tidak hanya pada saat menjelang Lebaran saja. Tapi tiap hari kita lakukan penjangkauan siang dan malam di lima wilayah kota," kata Masrokhan kepada wartawan, (2/7/2016).

Masrokhan melanjutkan, dengan melakukan penjangkauan yang sangat intensif itu, jumlah PMKS jalanan pada bulan Ramadan ini mengalami peningkatan. PMKS yang terjaring merupakan PMKS musiman.

"Ada beberapa warga daerah yang memanfaatkan momentum Ramadan. Mereka sengaja meminta-minta kepada masyarakat Jakarta," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Chaidir mengatakan, sekitar 150 lebih personel Dinas Sosial ikut andil dalam melakukan penjangkauan ini.

"Kami ingin masyarakat DKI Jakarta nyaman pada saat lebaran nanti. Tidak banyak pengemis, gelandangan, dan sebagainya," ujar Chaidir.

Chadir menambahkan, diharapkan masyarakat Jakarta lebih cerdas memberi. "Tidak memberi di jalan. Karena itu hanya akan membuat PMKS semakin nyaman di Jakarta," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini