Share

UGM Terima 3.074 Maba lewat Jalur Mandiri

Iradhatie Wurinanda, · Sabtu 02 Juli 2016 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 02 65 1431335 ugm-terima-3-074-maba-lewat-jalur-mandiri-sIdOuWpty1.jpg Peserta ujian tulis UGM sedang mengerjakan soal. (Foto: Dok. UGM)

JAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) telah mengumumkan calon mahasiswa baru yang diterima melalui ujian mandiri untuk tahun ajaran 2016–2017. Sebanyak 3.074 peserta dinyatakan lulus melalui jalur yang dikenal dengan sebutan ujian tulis (utul) UGM itu.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM, Profesor Dr Iwan Dwiprahasto, M.Med.Sc, Ph.D, menjelaskan bahwa peserta yang lulus terdiri dari 751 calon mahasiswa untuk bidang soshum dan 1.667 calon mahasiswa bidang saintek. Adapun calon mahasiswa baru yang diterima pada program sarjana sebanyak 2.418 orang, dan pada program diploma 656 orang.

"Ujian tulis ini digelar agar masyarakat bisa mendapat akses yang lebih besar untuk memperoleh pendidikan tinggi yang berkualitas," ujarnya, sebagaimana dikutip dari laman resmi UGM, Sabtu (2/7/2016).

Iwan mengungkapkan, antusiasme peserta ujian tulis UGM cukup tinggi, bahkan meningkat dari tahun sebelumnya. Jika tahun lalu jumlah peserta hanya 28.603 orang, maka kali ini jumlahnya naik mencapai 32.606 orang.

"Antusiasme calon mahasiswa untuk masuk ke UGM dari tahun ke tahun terus meningkat," ucapnya.

Pada bidang soshum, imbuh Iwan, prodi yang memiliki peminat terbanyak yakni ilmu hukum, manajemen, psikologi, ilmu komunikasi, serta manajemen dan kebijakan publik.

Sementara untuk bidang saintek, prodi favorit peserta meliputi pendidikan dokter, pendidikan dokter gigi, teknik sipil, perencanaan kota dan wilayah, serta teknik industri.

Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di UGM kemudian diwajibkan menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pengisian biodata. Dokumen yang diperlukan dapat dilihat di pengumuman rektor. Sedangkan mengenai registrasi dapat diakses melalui masing-masing akun calon mahasiswa yang dinyatakan diterima pada 12–15 Juli 2016.

Laman pengisian biodata akan ditutup 15 Juli Pukul 10.00 WIB. Selain mengisi biodata, calon mahasiswa wajib melihat besaran uang kuliah tunggal (UKT) yang harus dibayarkan, jadwal registrasi, dan jadwal tes kemampuan bahasa Inggris di laman http://um.ugm.ac.id pada 20 Juli 2016 mulai pukul 17.00 WIB. (ira)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini