Share

KATA MEREKA: Diskon Tarif Listrik Jangan Hanya Sebatas Kebijakan

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Senin 25 Juli 2016 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 23 320 1445224 kata-mereka-diskon-tarif-listrik-jangan-hanya-sebatas-kebijakan-LChQp7RGpZ.jpg Kata Mereka. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Satuan tugas (Satgas) percepatan dan efektivitas pelaksanaan kebijakan ekonomi mengungkapkan ada beberapa paket kebijakan yang masih belum efektif saat dikeluarkan dan perlu ada evaluasi.

Wakil Ketua Kelompok Kerja (Pokja) II Franky Sibarani mengungkapkan, salah satu program yang belum juga di implementasikan hingga saat ini adalah diskon 30 persen tarif listrik pemakaian pada pukul 23.00-08.00 WIB untuk kalangan industri. Diskon tarif 30 persen itu masuk dalam paket kebijakan ekonomi jilid III yang dirilis Oktober tahun lalu.

Lantas bagaimana tanggapan masyarakat mengenai belum dijalankannya diskon listrik bagi industri ini? Berikut tanggapannya:

1. Eryani, 34, Wirausaha

Diskon tarif listrik ini katanya dikeluarkan untuk memberi keringanan lah buat pengusaha. Namanya ekonomi sedang sulit begini. Tapi kalau nyatanya nggak dijalankan ya buat apa itu kebijakannya. Jangan hanya dikeluarkan (kebijakan) lalu enggak dijalankan gitu. Seharusnya pemerintah konsisten kalau ada kebijakan ya dijalankan.

2. Kuntoro, 50, Pedagang

Kalau paket-paket itu sih (paket kebijakan) saya enggak tau detailnya. Cuma kalau masalah listrik kita di kota besar saja kadang masih suka mati lampu ya. Apalagi yang di daerah sana. Kasian juga sih kalau anak mau belajar enggak ada penerangan.

Saya inginnya pemerintah serius dalam memenuhi kebutuhan listrik dalam negeri. Apalagi Indonesia ini luas, supaya yang terang enggak cuma di Pulau Jawa. Di daerah juga bisa menikmati listrik selayaknya kita yang tinggal di kota-kota besar.

3. Anisya Umaya, 45, Wirausaha

Masyarakat kan maunya tarif listrik murah ya, enggak cuma tarif listrik kita juga kan maunya bahan kebutuhan pokok juga murah. Kalau listrik industri diberi diskon seperti itu dampaknya bisa membuat biaya produksi turun ujung-ujungnya harga barang yang dijual enggak mahal toh. Jadi sudah seharusnya kebijakan ini dijalankan untuk industri-industri kita. Supaya efeknya terasa ke masyarakat juga.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini