Share

Penembakan Munich Telah Direncanakan Setahun Lamanya

Silviana Dharma , Okezone · Senin 25 Juli 2016 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 24 18 1445688 penembakan-munich-telah-direncanakan-setahun-lamanya-sXdHeeyyzn.jpg Ali David Sonboly (18). (Foto: Twitter)
A A A

MUNICH – Polisi telah berhasil melacak asal usul senjata api (senpi) yang dipakai Ali David Sonboly (18), pelaku tunggal dalam penembakan di pusat perbelanjaan di Munich pada Jumat 22 Juli 2016 petang waktu setempat.

Berdasarkan laporan Sky News, Senin (25/7/2016), polisi menemukan pistol Glock 17 yang dipakai dia untuk membunuh sembilan orang di pusat perbelanjaan Olympia-Einkaufszentrum, dibeli di situs penjualan senjata ilegal.

Nomor seri pistol tersebut sempat dihapus. Namun kemudian diaktifkan kembali. Kemungkinan senpi itu berasal dari Slovakia.

Usut punya usut, ternyata pemuda Jerman-Iran tersebut sudah merencanakan pembantaian itu selama satu tahun. Dia melakukan sejumlah penelitian, melihat rekaman penembakan massal dan membaca buku-buku, serta kasus terkait.

Penyelidik setempat, Robert Heimberger mengungkap, Sonboly bahkan pernah mengunjungi lokasi penembakan massal di suatu sekolah di Winnenden, yang menewaskan 16 orang pada 2009. Hal ini diketahui dari foto-foto yang diambilnya sendiri.

Sonboly juga keranjingan memainkan video game Counter Strike, yang misi utamanya adalah menembak secepat dan sebanyak mungkin target yang ditemukan.

Mengenai kemungkinan dia pernah di-bully selama tujuh tahun, polisi telah mendapatkan buktinya berdasarkan sejumlah keterangan dari saksi mata. Sonboly pada dasarnya adalah pemuda yang pemalu.

Namun perlakuan buruk dari teman sebayanya membuat dia depresi berat, dan mungkin memicu dia membalas dendam. Sepekan sebelum kejadian, Sonboly mengancam pemudi 14 tahun yang tinggal satu apartemen dengannya. “Saya akan membunuh kalian semua,” terang polisi yang menangani kasusnya.

Keluarga pelaku saat ini masih terkejut dan tak percaya kalau putra mereka tega melakukan semua itu dan mengakhiri hidupnya sendiri. Rumah pelaku telah digeledah, tetapi polisi dan penyidik masih kesulitan menginterogasi keluarga pelaku.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini