Share

Singapura Jegal Tax Amnesty, Menko Darmin: Tidak Akan Berhasil!

Danang Sugianto , Okezone · Minggu 24 Juli 2016 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 24 20 1445447 singapura-jegal-tax-amnesty-menko-darmin-tidak-akan-berhasil-RzYUzdrxIa.jpg Menko bidang Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Upaya pemerintah Indonesia menarik dana Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri melalui program pengampunan pajak (tax amnesty) mendapatkan hadangan dari pemerintah Singapura. Namun pemerintah Indonesia masih tetap yakin bisa menarik dana WNI dari negara tax haven tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menganggap, upaya pemerintah Singapura tersebut merupakan hal yang wajar. Sebab ada banyak dana milik WNI yang diparkir di sana.

"Itu normal saja, karena itu negara di mana banyak dana orang Indonesia, berusaha memberikan insentif untuk jangan pindah, tapi tax amnesty kita itu sudah merupakan insentif yang sangat besar," tuturnya di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Minggu (24/7/2016).

 [Baca juga: Tax Amnesty, Menko Darmin Instruksikan Percepat Penerbitan Instrumen Investasi]

Menurut Darmin, tawaran pemerintah Singapura yang ingin membebaskan biaya deklarasi sebesar 4 persen agar para WNI tidak melakukan repatriasi cukup menggiurkan. Namun dia memandang apa yang didapat calon peserta tax amnesty dengan melakukan repatriasi akan lebih besar. Sebab pemerintah tengah menyiapkan berbagai insentif.

Selain itu, pemerintah bersama dengan regulator terkait seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) sudah berkoordinasi untuk memperbanyak suplai instrumen investasi. Dengan mempermudah proses bagi swasta yang ingin menerbitkan instrumen investasi.

"Jadi, yang penting dengan insentif yang sangat besar dari tax amnesty itu instrumen penempatan disiapkan, sudah tinggal itu. Kalau dicari jalan menahannya enggak masalah. Insentif tax amnesty itu sendiri sudah cukup, akan lebih baik instrumen penempatan lainnya baik di keuangan maupun investasi langsung itu mudah. Artinya, upaya untuk menahan kalau tadinya dia menahan, dia tidak akan berhasil," tegasnya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini