Share

Pleno PBNU Resmi Dibuka, Tax Amnesty Jadi Fokus Pembahasan

Muhammad Saifullah , Okezone · Senin 25 Juli 2016 01:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 25 337 1445755 pleno-pbnu-resmi-dibuka-tax-amnesty-jadi-fokus-pembahasan-AnH5dDHTVH.jpg PBNU (Foto: Ilustrasi)
A A A

CIREBON - Rapat Pleno Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) secara resmi dibuka pemerintah yang diwakili Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Pesantren Kempek, Cirebon, Minggu (24/7/2016).

Pembukaan rapat pleno dengan tema “Meneguhkan Islam Nusantara Menuju Kemandirian Ekonomi Warga” ini diikuti keseluruhan pengurus harian NU dari Mustasyar, Syuriyah, A'wan, Tanfidziyah, pimpinan lembaga, dan badan otonom.

"Ekonomi merupakan salah satu di antara tiga aspek program yang diamanatkan oleh Muktamar ke-33 NU di Jombang tahun 2015. Hal tersebut didasarkkan atas kesadaran bahwa ekonomi merupakan pilar sekaligus tonggak untuk melecut kemandirian serta kesejahteraan warga," kata Ketua Umum PBNU Kiai Haji Said Aqil Siroj dalam sambutannya.

Ia menyatakan, selain ekonomi, Muktamar mengamanatkan dua aspek lagi yakni pendidikan dan kesehatan. Ketiga aspek tersebut memiliki bobot nilai yang sama, harus berjalan seiring dan seirama.

Secara tegas, sambungnya, Muktamar mengamanatkan pada PBNU salah satunya menyusun platform ekonomi keumatan sesuai dengan khittah konstitusi dan khittah NU sebagai organisasi dîniyyah ijtimâ’iyyah.

"Platfom yang dimaksud tersebut adalah platform yang harus menggambarkan pandangan dan sikap NU terhadap pembangunan nasional, haluan pembangunan nasional, dan rencana kerja NU dalam menggerakan kegiatan ekonomi umat dan organisasi," jelasnya.

(Baca: NU Galang Kekuatan Ulama Dunia Perangi Terorisme)

Turut hadir dalam pembukaan Rapat Pleno yakni Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan sejumlah tokoh NU.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman/MoU antara PBNU dengan KPK dan Kementerian Sosial.

Untuk diketahui, persoalan krusial yang akan dibahas terkait perekonomian salah satunya kebijakan Tax Amnesty/Pengampunan Pajak. Sementara itu, isu lain yang juga diagendakan dibahas di antaranya Bank Otak, Hukum investasi di PT (isu lokal), dan hukum game Pokemon Go.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini