Share

Gaya Komunikasi Risma Lebih Baik Dibandingkan Ahok

Salsabila Qurrataa'yun , Okezone · Senin 25 Juli 2016 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 25 338 1445821 gaya-komunikasi-risma-lebih-baik-dibandingkan-ahok-9pv3Z8g9Uw.jpg Tri Rismaharini (Foto: Ilustrasi)
A A A

JAKARTA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada Kamis 21 Juli 2016 bertemu Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Jakarta diduga untuk membahas kesediaan dirinya menjadi calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta.

Meski beberapa kali Risma mengelak akan bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017. Namun, tidak sedikit masyarakat Jakarta yang menyatakan dukungan terhadap Risma untuk mengalahkan calon incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing mengatakan, Risma memiliki sifat humanis yang dibutuhkan warga Jakarta untuk mengubah Ibu Kota menjadi lebih baik. Ia pun membandingkan kinerja Risma yang menghapus tempat prostitusi "Gang Doli" di Surabaya dengan Ahok yang menggusur Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Risma melakukan pendekatan bukan dengan cara kekerasan, tetapi pendekatan komunikasi pemahaman. Sehingga jika ada pembubaran dia berhasil, sementara di Jakarta kan beda, bahkan dibiarkan. Andai Ahok yang lalu (gusur pasar ikan) dia datangi manusia perahu, bermalam di sana, lihat kondisinya mereka gimana lalu menjelaskan, saya kira masyarakat akan menerima," kata Emrus kepada Okezone, Senin (25/7/2016).

(Baca: Masinton: Cagub DKI dari PDIP, Manis dan Berhijab)

Selain itu, sambun Emrus, Risma memahami Trisakti-nya Bung Karno yang memiliki ketegasan, namun mengedepankan komunikasi dan juga tidak anti-dengan pengusaha. Ia pun yakin jika Risma maju pada Pilgub DKI Jakarta 2017 maka akan menjadi pesaing berat untuk Ahok.

"Risma pemimpin yang amanah dan dia juga bisa mempertemukan kepentingan pengusaha dengan wong cilik. Dalam minggu ini saya lihat dia ikut bersihkan jalan. Ini saya bilang luar biasa," ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini