Share

Kenali Gejala dan Penyebab Kelainan Irama Jantung

Menggi Febrianti, Jurnalis · Senin 25 Juli 2016 14:58 WIB
$detail['images_title']
Kenali gejala dan penyebab kelainan irama jantung (Foto: Medicalnewstoday)

FIBRILASI Atrium (FA) adalah kondisi kesehatan yang mengacu pada hantaran sinyal listrik yang tidak teratur pada jantung. FA ditandai dengan denyut jantung yang tidak teratur dan sering cepat atau bergetar.

Salah satu gejala FA yang paling mudah dikenali adalah detak jantung yang tidak teratur. Gejala lain dari FA yaitu jantung yang berdebar kencang, lalu sakit pada dada, mengalami sesak napas, pusing pada kepala, dan hingga kelihangan kesadaran.

Ketua PP PERKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia), Dr.dr. Ismoyo Sunu, SpJP (K), FIHA, FasCC, saat Press Conference di kawasan Slipi, Jakarta Barat (25/7/2016), mengatakan bahwa ada beberapa gejala yang harus diwaspadai saat anda menderita FA, diantaranya adalah irama jantung yang tidak teratur, cepat lelah, dan adanya rasa nyeri yang terjadi di dada.

“Masyarakat dimohon mewaspadai gejala-gejala FA. Ada beberapa gejala FA yaitu cepat lelah, irama jantung yang tidak teratur, mengalami sesak nafas, berdebar, kesulitan mengerjakan pekerjaan sehari-hari, adanya rasa nyeri pada dada, mengalami pusing,” kata dr. Ismoyo.

Selain itu, penyebab utama terjadinya FA adalah tekanan darah tinggi, kencing manis, dan pola hidup yang tidak sehat.

“Penyebab utama FA yang sering ditemukan antara lain adalah tekanan darah tinggi dan diabetes. Serta factor gaya hidup masing-masing orang, seperti faktor makanan, tekanan emosi dan fisik, serta konsumsi kafein, alkohol, atau obat-obatan yang dilarang secara berlebihan. Hal tersebut berkontribusi terhadap terbentuknya FA,” tambah dr. Ismoyo

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)