Share

Calon Haji Diimbau Antisipasi Pengaruh ISIS

Agregasi Antara , Jurnalis · Selasa 26 Juli 2016 22:54 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 26 519 1447561 calon-haji-diimbau-antisipasi-pengaruh-isis-nWTru8pnqO.jpg Ilustrasi
A A A

TULUNGAGUNG - Para calon jamaah haji asal Tulungagung diimbau untuk mengantisipasi pengaruh aliran tertentu khususnya kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) selama berada di Tanah Suci Makkah-Madinah.

"Kami percaya calon jamaah haji Indonesia, khususnya Tulungagung tidak ada yang memiliki orientasi ke sana. Namun tidak ada salahnya untuk berhati-hati dan diantisipasi bersama," kata Ketua MUI Tulungagung KH Mochammad Hadi Mahfudz atau Gus Hadi di Tulungagung, Selasa (26/7/2016).

Imbauan dan wejangan tentang bahaya aliran tertentu yang mengajarkan ekstremisme itu diakui Gus Hadi, aktif dilakukan beberapa kelompok muslim di Timur Tengah, termasuk sekitar Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

Pola pendekatan yang dilakukan, sambungnya, biasanya dengan bergerilya di bus rombongan jamaah haji dari berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

"Mereka menyebar video atau rekaman suara berisi pengajian dan amalan-amalan tentang keislaman dari sudut pandang fundamental, yang diterjemahkan dalam berbagai bahasa," kata dia.

Sebagai langkah antisipasi, ia mengimbau para calon haji Tulungagung untuk tidak serta-merta menerima pemberian CD (compact disk), buku, seleberan ataupun flash disk berisi rekaman video/audio yang menyebarkan pengaruh Wahabi itu.

"Sebenarnya tidak ada yang salah dengan ajaran tersebut. Tapi karena ajaran atau aliran ini memberikan pemahaman keislaman yang bersifat fundamental dan kaku, sangat berbahaya jika dipahami sepenggal oleh umat tanpa bimbingan dari ulama yang memahami fiqih Islam secara benar," ujarnya.

Pengaruh yang paling dikhawatirkan MUI, adalah ISIS yang saat ini berkembang di Timur Tengah. Ia mengingatkan kepada setiap ketua regu dan ketua rombongan jamaah haji untuk memantau keberadaan anggotanya agar tetap utuh dan tidak tersusupi pengaruh ISIS ataupun budaya Islam fundamentalis yang diduga menyasar tradisi ibadah haji untuk memperluas sayap organisasinya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini