Share

TOP FAMILY 5: Anak Alami Kegagalan? Ternyata Ini Manfaatnya

Vessy Frizona, Okezone · Sabtu 30 Juli 2016 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 28 196 1449420 top-family-5-anak-alami-kegagalan-ternyata-ini-manfaatnya-wjbocoazG9.jpg Pola asuh (Foto: Familyshare)
A A A

ANAK akan menganggap pekerjaan yang dilakukan orang dewasa sulit, sebelum mereka mencoba dan berhasil melakukannya. Menjadi tugas orangtua untuk mengajarkan anak mengerjakan hal sulit.

Salah satu contoh adalah naik sepeda. Bagi anak mengendarai sepeda tentu sulit, orangtua pun tak tega jika anak jatuh. Ada banyak risiko dalam mengajarkan anak suatu hal yang sulit. Berikut ini adalah kiat mengajarkan anak hal yang mereka anggap sulit.

Beri kesempatan

Jika hal yang akan dilakukan anak berisiko, orangtua tak perlu cemas. Terus beri mereka kesempatan. Tunjukkan kalau Anda yakin anak-anak bisa melakukannnya. Sembunyikan kecemasan agar anak percaya diri bahwa mereka mampu.

Biarkan mereka gagal

Rumah adalah tempat belajar tentang kehidupan. Anak-anak akan gagal dan kembali merasa dicintai di rumah. Katakan kepada anak Anda gagal dan terluka bukan berarti tidak ada kesempatan untuk berhasil.

Yakin anak bisa

Tak peduli seberapa besar kecemasan dan perasaan orangtua kalau anak tak mungkin mampu. Memelihara pikiran tersebut sangatlah konyol. Semua orang takut jika terjadi hal tidak diinginkan, tetapi akan menyesal lagi jika tidak melakukannya. Kalau anak lain bisa mengapa anak Anda tidak bisa? Minimalkan rasa takut Anda. Demikian dikutip dari Familyshare, Sabtu (30/7/2016).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini