Share

INSPIRASI BISNIS: Raup Untung dari Pedasnya Lada Bongsor

MNC Media , Jurnalis · Minggu 31 Juli 2016 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 29 320 1450533 inspirasi-bisnis-raup-untung-dari-pedasnya-lada-bongsor-A9mH3itYRx.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A


ACEH - Salah seorang petani di kawasan desa Juli Menasah Tambo, kabupaten Bireuen, Aceh, membudidayakan tanaman lada rambat jenis bongsor yang telah hilang selama berpuluh tahun di kabupaten Bireuen.

Fuadi, petani lada mengatakan bahwa tanaman bibit lada yang di tanam ini sudah berumur sekitar dua tahun yang merupakan penanaman perdana yang dibudidayakan olehnya. Tanaman lada yang dibudidayakan di kawasan ini yaitu lada lada rambat jenis bongsor yang memiliki biji lebih besar di bandingkan lada biasa.

Menurut Fuadi, lada bongsor tersebut lebih praktis di bandingkan lada biasa, baik dalam proses panen maupun proses perawatannya, dalam satu kilogram lada bonsor ini hanya empat ratus karangan saja, jika lada biasa bisa mencapai enam ratus karangan dalam satu kilogram.

Jarak penanaman lada rambat harus diberi jarak antara 2 meter kali 2,5 meter, dengan masa panen mulai dari umur 8 bulan sampai 2 tahun hingga 2,5 tahun setelah ditanam.

Bibit lada tersebut di beli dari lampung dengan harga per bibit Rp15.000 lada rambat jenis bongsor, dalam 1 hektar lahan menghabiskan bibit sebanyak 2.000 bibit, jika lahan 3,5 hektar membutuhkan bibit lada sebanyak 7.000 bibit.

fuadi menambahkan, selain menanam bibit lada, ia juga membuat pembibtan di lahan miliknya, Sehingga ia bisa memperoleh keuntungan dua kali lipat. Ia menjelaskan bahwa selama ini petani lada dari Aceh utara dan Pidi mengambil bibit lada dari dirinya.

Dengan kisaran harga mulai dari Rp15.000 per bibit yang berumur 3 bulan sampai Rp20.000 per bibit untuk lada umur 5 bulan, dalam satu bulan ia bisa menjual bibit lada sebanyak 1.500 polibak dan itu tergantung dari permintaan petani.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini