Share

Komnas HAM: Kami Tak Sependapat dengan Hukuman Mati

Salman Mardira , Okezone · Jum'at 29 Juli 2016 01:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 29 337 1449573 komas-ham-kami-tak-sependapat-dengan-hukuman-mati-b5le9mZEh9.jpg Komisioner Komnas HAM saat memberi keterangan pers (Okezone)
A A A

JAKARTA – Aksi protes terhadap eksekusi mati 14 terpidana kasus narkoba yang akan digelar di Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah, terus bermunculan. Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) ikut menolak pemberlakuan hukuman mati tersebut.

“Kami tidak sependapat,” kata Komisioner Komnas HAM, Nur Kholis dalam wawancara langsung di Breaking News iNewsTV, Jumat (29/7/2016).

Menurutnya masalah narkoba bukan hanya hukuman mati saja, tapi persoalannya harus dibahas dari hulu ke hilir. Apalagi masih banyak oknum aparat yang juga terlibat narkoba.

Meski menolak hukuman mati, bukan berarti Komnas HAM mendukung kejahatan narkoba, termasuk terorisme dan korupsi.

“Proses penegakan hukum itu bukan arena balas dendam,” ujarnya.

Dalam sistem hukum Indonesia ada lembaga pemasyarakatan (lapas) di mana orang yang dinyatakan bersalah dimasukkan ke lapas dan di sana harus dibina agar lebih baik. “Itu ukuran keberhasilan,” sebut Nur Kholis.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini