Share

Penelitian Tentukan Kemajuan Bangsa

Afriani Susanti , Okezone · Sabtu 30 Juli 2016 06:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 29 65 1450234 penelitian-tentukan-kemajuan-bangsa-Veg62sOokn.jpg Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M Nasir menilai bahwa penelitian bisa menjadi faktor kemajuan bangsa. "Jumlah perguruan tinggi kita terbesar di ASEAN, tapi kok belum bisa maju. Ternyata masalahnya adalah pada dunia penelitian," ungkapnya dalam acara Coffee Morning, belum lama ini.

Karena itu, Kemristekdikti membuat aturan baru dalam pertanggungjawaban keuangan bagi peneliti yang berbasis pada output. Sehingga kegiatan penelitian tidak terganggu dengan pertanggungjawaban keuangan pada biaya penelitian yang ada.

"Jadi ini masalahnya penelitian kita belum maju karena tata kelola pertanggungjawaban keuangan ini. Makanya sekarang akan berbasis pada output," ujarnya.

Pemberian dana penelitian tersebut dilakukan dua tahap. Pertama akan diberikan sebesar 70 persen. "Setelah itu akan kami lakukan pengecekan, setelah sesuai dan mencapai output, maka sisanya yakni 30 persen akan diberikan," katanya.

Nasir menambahkan, anggaran untuk penelitian tahun ini sebesar Rp1,5 triliun. Melalui tata kelola yang baru ini, diharapkan bisa mengubah paradigma yang baru sehingga dapat meningkatkan produk riset menjadi lebih baik.

"Harapan saya seperti itu, karena 2017 ini merupakan era emas penelitian di Indonesia. Jadi harapan saya bagi peneliti adalah mereka tidak usah bekerja yang lain, sehingga para inventor dan peneliti bisa tinggal di Indonesia," tambahnya.(afr)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini