Share

Banten Banjir, Rano Karno: Tindak Tegas Pelaku Pembalakan Liar!

Iqbal Multatuli , Okezone · Sabtu 30 Juli 2016 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 30 340 1450971 banten-banjir-rano-karno-tindak-tegas-pelaku-pembalakan-liar-ZxZ7bQy9DN.jpg Gubernur Banten Rano Karno saat diwawancara wartawan (Antara)
A A A

SERANG – Banjir bandang dan longsor yang terjadi Kabupaten Serang dan Pandeglang, Banten, ditenggarai karena maraknya pembalakkan liar di Gunung Aseupan. Gubernur Banten Rano Karno mengakui adanya indikasi kerusakan alam di sekitar pegunungan itu.

"Adanya pembalakkan liar yang hanya menguntungkan segelintor orang. Harus ada penindakan tegas, tidak ada kata maaf," kata Rano Karno, Sabtu (30/07/2016).

Ia memperkirakan di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) pun telah gundul karena tak ada lagi pepohonan yang mampu menahan dan menyerap air, sehingga ketika hujan deras turun debitnya melimpah dan meluap ke permukiman.

"Harus kita jaga agar lingkungan tidak rusak. Walaupun kita tidak separah di Kalimantan," ujarnya.

(Baca juga: Banjir Bandang di Banten Akibat Pembalakan Liar)

Kapolda Banten, Brigjen Ahmad Dofiri juga menduga salah satu penyebab longsor dan banjir bandang di Serang dan Pandeglang karena adanya pembalakkan liar. "Yang terpenting bagaimana mengelola lingkungan di sana. Berati di atas sana ada penebangan gelap," katanya.

Ia mengakui bahwa bencana itu bukan pertama kali terjadi di Banten. Kapolda mengajak semua pihak bersama-sama menjaga hutan.

"Ini musibah pertama kali terjadi bagi masyarakat di sana," tegasnya.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini