Share

Alasan Djanur Cadangkan Para Pemain Bintangnya

Reza Saputra, Okezone · Sabtu 30 Juli 2016 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 30 49 1451020 alasan-djanur-cadangkan-para-pemain-bintangnya-WlHKE4zaHw.jpg Djajang Nurjaman. (foto:Okezone/Oris Riswan)
A A A

BANDUNG - Persib Bandung tampil dengan kekuatan berbeda saat menjamu Persela Lamongan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat (29/7/2016) malam.

Dalam laga itu, mayoritas pemain yang diturunkan adalah pemain pelapis. Mereka jarang memiliki kesempatan bermain. Bahkan lebih banyak masuk sebagai pemain cadangan.

Mereka di antaranya M Natshir, Taufiq, Dias Angga, Jajang Sukmara, Atep, dan Tantan. Sebaliknya, sejumlah nama diistirahatkan dan masuk sebagai pemain pengganti. Mereka di antaranya I Made Wirawan, Tony Sucipto, Yanto Basna, Samsul Arif, Kim Kurniawan, dan David Laly.

"Rotasi yang saya lakukan malam ini cukup signifikan. Banyak sekali kalau dibandingkan line up lawan Semen Padang, lebih dari 50 persen," kata pelatih Djadjang 'Djanur' Nurdjaman.

Baginya, menurunkan mayoritas pemain pelapis jelas bukan sebuah hal mudah. Ia melakukan perjudian besar dengan melakukan rotasi besar-besaran. Padahal Persib mengusung misi kemenangan dalam laga tersebut.

Tapi rotasi yang dilakukannya tidak sia-sia. Skuad Persib mampu membungkus kemenangan atas Persela Lamongan meski dengan skor tipis 1-0. Tidak hanya itu, permainan Persib pun membaik jika dibandingkan saat melawan Semen Padang.

"Secara keseluruhan permainan kami hari ini cukup bagus. Artinya rotasi yang saya lakukan tidak asal-asalan," ucap Djanur.

Menurutnya, jika rotasi besar-besaran yang dilakukannya tidak menghasilkan kemenangan, itu jelas merupakan kesalahan. Tapi rotasi itu justru berbuah positif. Itu tidak terlepas suntikan motivasi yang diberikannya pada para pemain.

"Saya sudah sampaikan pada pemain, kita malam ini tidak mau punya predikat hanya main bagus, tapi ingin menang. Dan akhirnya bisa dapat dua-duanya (main bagus dan menang)," jelasnya.

Disinggung soal keputusan mencadangkan sejumlah pilar inti 'Maung Bandung', Djanur mengaku sudah melakukan pertimbangan matang, salah satunya karena faktor kelelahan. Dicadangkannya beberapa pemain inti juga berdasarkan hasil evaluasi terhadap permainan mereka saat digebuk 0-4 oleh Semen Padang.

Ia pun bersyukur karena rotasi yang dilakukannya tidak terlalu memusingkan. Itu lantaran kualitas pemain utama dan pelapis di skuad Persib tidak jauh berbeda. Sehingga tidak ada perbedaan mencolok ketika kebijakan rotasi dilakukan.

"Itulah barangkali salah satu keuntungan ketika kita banyak pemain yang levelnya berimbang," tandas Djanur.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini