Share

Tips Aman Berkendara Motor saat Berwisata di Yogyakarta

Anton Suhartono, Okezone · Kamis 25 Agustus 2016 07:43 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 24 15 1472056 tips-aman-berkendara-motor-saat-berwisata-di-yogyakarta-aScUUfBACJ.jpg (Astra Motor Yogyakarta)

YOGYAKARTA - Sepanjang tahun, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dikunjungi sekira 4,1 juta wisatawan domestik dan asing. Mereka menikmati keindahan alam serta pesona budaya di DIY. Untuk mengunjungi destinasi wisata, tak sedikit dari pelancong yang memilih menggunakan transportasi sepeda motor.

Safety Riding Analyst Astra Motor Yogyakarta, Muhammad Ali Iqbal mengungkapkan, jarak untuk mengunjungi tempat wisata alam di DIY antara 40-80 kilometer dengan waktu tempuh antara satu sampai tiga jam. Medannya pun cukup menantang, seperti ke Wonosari, Candi Borobudur di Magelang, maupun Pantai Parangtritis.

Para pengunjung yang menggunakan motor diharapkan memperhatikan cara berkendara serta menaati peraturan lalu lintas sehingga liburan menjadi aman dan menyenangkan.

Berikut, menurut Iqbal, beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh wisatawan, terlebih bagi yang baru pertama kali ke DIY menggunakan sepeda motor.

1. Perlengkapan wajib berkendara

Helm SNI, jaket dengan warna cerah, celana panjang dengan bahan yang kuat, seperti jins, sarung tangan, dan sepatu yang melindungi mata kaki, merupakan perlengkapan utama yang harus digunakan selama berkendara. Siapkan pula jas hujan karena cuaca di DIY tidak menentu akhir-akhir ini.

2. Cek kondisi motor

Biasanya, para wisatawan yang meminjam sepeda motor dari rental tidak mengecek terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan digunakan. Sisihkan waktu untuk mengecek bagian-bagian utama motor, seperti rem, tekanan angin, tingkat keausan alur ban, serta fungsi-fungsi lampu. Kemudian, pastikan kondisi gear dan rantai telah sesuai dengan aturan, yakni tidak kendor dan tidak terlalu kencang. Jangan lupa juga untuk mengecek bahan bakar, jangan sampai habis di tengah jalan.

3. Siapkan kondisi fisik

Kendali sepeda motor ada pada pengendaranya, sehingga kondisi fisik yang fit sangat dibutuhkan dalam perjalanan. Usahakan tidur cukup dan pastikan tubuh mendapat asupan makanan yang sesuai.

Lakukan pemanasan sederhana seperti peregangan tangan, kaki, dan kepala sebelum berkendara. Hal itu berfungsi untuk meningkatkan refleks dan konsentrasi saat berkendara. Jangan paksakan berkendara apabila kondisi tubuh letih, istirahatlah di tempat yang aman.

4. Kuasai jalur dan medan

Karakteristik jalan ke beberapa tempat wisata di Yogyakarta berbeda-beda dan cukup menantang bagi pengendara sepeda motor. Ada baiknya melihat jalur yang akan dilalui, tandai tempat peristirahatan, pom bensin, kantor polisi, dan rumah sakit pada rute yang akan dilalui.

Contohnya, perjalanan menuju Pantai Baron atau Indrayanti di Wonosari. Jalan menanjak dan berliku akan dilalui pengendara jika berkunjung ke tempat tersebut. Selain itu, jalan tersebut juga sering dilalui truk besar.

5. Patuhi rambu-rambu dan peraturan lalu lintas

Demi keamanan pengendara dan pengguna jalan lainnya, pengendara wajib mematuhi rambu-rambu serta peraturan lalu lintas. Di DIY, terkadang beberapa rute mempunyai peraturan khusus, seperti satu arah di kawasan Malioboro dan lajur khusus kendaraan roda empat di sepanjang ring road Kota Yogya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini