Share

Italia Diguncang Gempa, Tiga Perempat Kota Hancur

Silviana Dharma , Okezone · Rabu 24 Agustus 2016 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 24 18 1471873 italia-diguncang-gempa-tiga-perempat-warga-tinggalkan-kota-jlFUIiCr6d.jpg Suasana Kota Amatrice pasca-gempa 6,2 SR. (Foto: Twitter)
A A A

ACCUMOLI – Gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Richter di Italia telah meruntuhkan sejumlah bangunan yang berdiri di kawasan pegunungan. Kota yang terdampak paling parah ialah Accumoli, Amatrice, Posta dan Arquata del Tronto.

Sejak getaran pertama warga di kawasan Umbria, Lazio dan Marche tersebut telah berhamburan ke luar rumah. Mereka bahkan meninggalkan kota itu begitu saja, sehingga ketika tim penyelamat sampai kota itu sepi bak kuburan.

“Tiga perempat kota ini hancur. Fokus kami sekarang adalah menyelamatkan sebanyak mungkin nyawa. Kami mendengar banyak suara (minta tolong) dari bawah reruntuhan, mereka harus segera ditolong,” kata Wali Kota Amatrice, Sergio Pirozzi, seperti disadur dari Reuters, Rabu (24/8/2016).

Foto: Handout/Reuters

Jumlah korban tewas diyakini telah mencapai 10 orang, dari sebelumnya diberitakan enam orang terkonfirmasi meninggal dunia. Gempa bumi melanda Italia bagian tengah pada dini hari tadi.

“Sekarang hari sudah siang, kami melihat situasinya lebih parah dari yang kami khawatirkan. Gedung-gedung roboh, orang-orang terjebak di bawah reruntuhan dan tidak terdengar suara kehidupan,” ujar Wali Kota Accumoli, Stefano Petrucci.

Petruci menginfokan, salah satu korban tewas adalah satu keluarga yang terdiri dari empat orang. Mereka terkubur bersamaan di bawah rumahnya yang hancur.

Laporan lain datang dari petugas kepolisian. Dua orang ditemukan meninggal dunia di dekat Desa Pescara del Tronto akibat gempa. Dua korban jiwa lagi dikeluarkan petugas dari bawah reruntuhan bangunan di Kota Amatrice. (Sil)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini