Share

Bea Cukai Halim Temukan Ganja yang Dikemas Kotak Lego

Syamsul Anwar Khoemaeni , Okezone · Rabu 24 Agustus 2016 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 24 338 1471869 bea-cukai-halim-temukan-ganja-yang-dikemas-kotak-lego-FB4bV6InvE.jpg Gelar perkara pengungkapan ganja yang dibungkus mainan lego (Foto: Syamsul/Okezone)
A A A

JAKARTA - Sehari setelah peringatan HUT RI ke-71, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tipe Madya Pabeanan A, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur berhasil mengamankan 258 gram ganja. Barang haram tersebut milik AMM (31) dan JAY (21) yang dikirim melalui jasa pengiriman paket untuk seorang pelajar berinisial FS (16) di Jakarta.

"Pengungkapan pengiriman ganja yang terjadi pada 18 Agustus 2016 lalu berawal dari kecurigaan petugas terhadap satu paket pengiriman lego," ujar Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tipe Madya Pabeanan A, Chairul Saleh di kantornya, Rabu (24/8/2016).

Chaerul menambahkan, kecurigaan tersebut muncul saat paket yang berisi lego itu melewati pemeriksaan x-ray. Selanjutnya, petugas melakukan scanning dan pemeriksaan fisik.

"Setiap paket kami lakukan x-ray, kita akan analisa, apakah itu lego benar atau tidak, tapi pas di-scan bentuknya tak seperti lego. Kemudian kita lakukan pemeriksaan fisik," imbuhnya.

Bahkan, dalam pemeriksaan fisik, para pemilik barang yang identitasnya tertera di paket tersebut turut dihadirkan guna mengindari persepsi buruk. Namun, saat barang dicek secara fisik dan dibuka, petugas menemukan ganja dalam kotak lego yang ditutupi dengan mainan lego diatasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini