Share

4 Kekhawatiran Wanita ketika Merencanakan Kehamilan

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 24 Agustus 2016 13:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Sharecare)

PASANGAN suami istri sebagian besar menginginkan anak kandung untuk mewarnai rumah tangganya. Namun, ada pula sederet alasan yang membuat mereka khawatir punya anak sebagai berikut.

Takut efek samping kehamilan

Dalam kasus lain, wanita takut mengalami efek samping kehamilan, seperti komplikasi kesehatan, stretch mark, dan kenaikan berat badan. Maka, mereka lebih baik tidak memiliki anak kandunga, daripada menanggung efek sampingnya

Punya riwayat penyakit

Pasangan suami istri yang memiliki riwayat penyakit seperti jantung, hipertensi, hingga kanker biasanya enggan untuk memiliki anak kandung. Karena mereka merasa kasihan jika anaknya akan menerima risiko penyakit yang sama saat hidup di dunia.

Membatasi lonjakan penduduk

Beberapa orang terkadang tidak siap melahirkan anak karena tidak ingin menambah lonjakan penduduk di tempat tinggalnya. Maka, dia rela memasang kontrasepsi atau mengadopsi anak sesuai syarat.

Punya beban tanggung jawab besar

Ada pula wanita yang tidak ingin punya anak karena merasa tidak mampu menanggung tanggung jawab besar. Seperti halnya membesarkan anaknya, memberi makan anaknya, hingga menyekolahkan saat tumbuh besar. Demikian dilansir Boldsky, Rabu (24/8/2016).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)