Share

Jepang, China, dan Korsel Rapat Darurat Bahas Rudal Korut

Wikanto Arungbudoyo , Okezone · Kamis 25 Agustus 2016 02:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 25 18 1472480 jepang-china-dan-korsel-rapat-darurat-bahas-rudal-korut-EZGslzdprM.jpg Menteri Luar Negeri China, Jepang, dan Korsel menggelar rapat darurat (Foto: Katsumi Kasahara/Reuters)
A A A

TOKYO – Korea Utara (Korut) kembali meluncurkan rudal balistik mereka dengan menggunakan kapal selam pada Rabu 24 Agustus pagi waktu setempat. Peluncuran tersebut membuat Menteri Luar Negeri (Menlu) Jepang, China Wang Yi, dan Korea Selatan (Korsel) Yun Byung-se menggelar pertemuan di Tokyo.

(Baca juga: Lagi, Korut Luncurkan Rudal Balistik)

Ketiga menlu sepakat untuk mendesak Korut mengurangi provokasi mereka dengan meluncurkan rudal, serta berusaha untuk patuh dengan resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB.

Menlu Jepang Fumio Kishida mendesak China sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB untuk mengambil langkah tegas terhadap provokasi yang dilakukan Korut. Negeri Tirai Bambu juga merupakan sekutu dekat dan mitra dagang utama dari Pyongyang.

Menlu China Wang Yi mengatakan Beijing terang-terangan mengecam segala bentuk provokasi yang dilakukan Korut, termasuk peluncuran rudal balistik terbaru. Wang Yi juga sepakat bahwa Korut harus mulai patuh pada resolusi PBB agar tidak dijatuhi sanksi lainnya.

Seperti dimuat NHK, Kamis (25/8/2016), ketiga menlu juga akan memimpin upaya bersama dengan DK PBB dan komunitas internasional untuk memaksa Korut mengurangi provokasi mereka. Terbukti, serangkaian sanksi dari PBB dan negara-negara lain tidak berhasil membuat Korut jera.

Seperti diberitakan, Korut meluncurkan rudal balistik mereka di wilayah pantai timur. Peluncuran tersebut diduga bertepatan dengan dimulainya latihan militer bersama antara Korea Selatan dengan Amerika Serikat. Korut menganggap latihan tersebut sebagai persiapan invasi wilayah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini