Share

Gubernur BI Sebut Wanita Lebih Cocok Kembangkan UMKM

Danang Sugianto , Okezone · Jum'at 26 Agustus 2016 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 26 320 1473687 gubernur-bi-sebut-wanita-lebih-cocok-kembangkan-umkm-GA6dCSNHZ8.jpg Gubernur BI Agus DW Martowardojo. (Foto: Okezone/Dedy)
A A A

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menaruh harapan besar terhadap perkembangan pelaku usaha UMKM di Indonesia. Sebab, industri UMKM diyakini bisa menopang laju perekonomian nasional

Menurut Agus, UMKM sebenarnya sangat cocok untuk kaum wanita. Sebab wanita dianggap memiliki kreativitas yang tinggi. Selain itu dengan menjalankan sebuah usaha, para wanita juga bisa mempunyai andil terhadap pemasukan keluarganya.

"Maka kami mendorong untuk kaum wanita untuk mengembangkan potensi mereka dalam UMKM. Karena apabila betul wanita meningkatkan kemampuannya di UMKM dan ekonomi kreatif ini akan memberikan sumbangsih besar ke Indonesia," tuturnya di Gedung Balai Kartini, Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Agus juga memandang, kekuatan UMKM untuk menopang perekonomian Indonesia juga telah terbukti ketika krisis ekonomi 1998. Kala itu hanya UMKM yang mampu bertahan bahkan berkembang, sehingga roda perekonomian nasional tak sepenuhnya berhenti.

Menurut data yang dimilikinya, UMKM saat ini juga telah berkontribusi 60,3 persen dari PDB. Bahkan sektor UMKM mampu menyerap tenaga kerja sebesar 97% dari total tenaga kerja di Indonesia.

"Dengan angka itu, ini terbukti, bahwa UMKM kita mampu memberikan kontribusi yang luar biasa kepada negara di tengah krisis ekonomi global yang belum pulih. Kami harap ini terus berlanjut hingga nanti dan ikut menjadi penopang ekonomi kita," pangkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini