Share

Jokowi: Banyak Investor Mau Investasi di Indonesia

Hendra Kusuma , Okezone · Jum'at 26 Agustus 2016 20:32 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 26 320 1474165 jokowi-banyak-investor-mau-investasi-di-indonesia-QJ6TORdPbN.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, investor yang ingin menanamkan dananya di Indonesia banyak sekali. Namun, untuk merealisasikan hal tersebut masih terhambat oleh sistem kemudahan berusaha di Indonesia.

Peringkat Easy of Doing Business (EODB) yang pertama dipegang oleh Singapura, Malaysia berada diurutan 18, Thailand diurutan 49, sedangkan Indonesia berada diurutan 109. Pada 2017, Jokowi menargetkan posisi Indonesia berada diurutan 40.

Apalagi, kata Jokowi, pertumbuhan perekonomian negara-negara tetangga Indonesia juga mengalami perlambatan lantaran terdampak dari perekonomian dunia. Indonesia pada 2015 hanya mampu tumbuh 4,79 persen dan sampai semester pertama 2016 berhasil meningkat menjadi 5,18 persen.

"Sebenarnya investor yang ingin masuk ke Indonesiaā€ˇ banyak sekali, tapi dalam kecepatan kita berikan pelayanan itu belum mendukung. Walaupun sudah ada paket ke-13. Tapi belum sesuai yang diinginkan," kata Jokowi saat acara Dialog Nasional Ikatan Senior HIPMI Indonesia (ISHI), Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Jokowi menyebutkan, pergerakan perekonomian dunia setahun belakangan ini memang memberikan dampak terhadap negara-negara di Asia. Namun, karena sistem kemudahan berusaha dibeberapa negara tetap dibanjiri investasi baru.

"Kalau dibandingkan negara lain, posisinya seperti ini pada kuartal yang sama. India menang, investasi yang masuk luar biasa. China turun jadi 6,7 persen," tandasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini