Share

TOP NEWS: Awan Panas Sinabung Kembali Teror Warga!

Jum'at 26 Agustus 2016 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 26 340 1473963 top-news-awan-panas-sinabung-kembali-teror-warga-nTAoHswfWp.jpg Gunung Sinabung kembali erupsi
A A A

MEDAN - Satgas penanganan bencana Gunung Sinabung memberi peringatan agar warga tidak mendekati Sinabung dalam radius lima kilometer.

Peringatan itu dikeluarkan karena sejak Selasa dan Rabu 23-24 Agustus 2016 aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo terus meningkat. Hal itu berdasarkan pengamatan seismic dari tremor amax Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Sinabung.

Kepala Pos PPGA Sinabung, Armen Putra mengatakan, penumpukan kubah lava yang sudah mencapai 2,6 juta kubik berpotensi guguran awan panas bisa mencapai sejauh lima kilometer.

“Selain awan panas, terjadi juga peningkatan gempa hybrid, sehingga yang kita takutkan kubah lava semakin besar bisa runtuh dan melenceng dari jalurnya sejauh tujuh kilometer,” jelas Armen, Jumat (26/8/2016).

Dia juga mengimbau masyarakat yang bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar dingin.

Sementara, Dansatgas penanganan Sinabung Letkol Infanteri Agustatius Sitepu mengatakan imbauan juga akan disampaikan kapada masyarakat melalui surat edaran yang akan dibagikan di setiap masyarakat.

“Terutama kepada sembilan kepala Desa yang warganya masih berada diposko-posko. Agar imbauan ini segera disosialisasikan kepada warganya. Begitu juga kepada warga empat desa yang masuk zona lima kilometer seperti Gurukunayan, Gamber, Kutatonggal dan Berastepu. Jangan sampai memasuki desa dengan alasan apapun, sebab aktifitas Sinabung terus meningkat dan masih berstatus AWAS (Level IV),” imbau Letkol Agustatius.

Pemberitaan sebelumnya, Gunung Sinabung menunjukkan peningkatan aktivitas. Tercatat pada hari Rabu 24 Agustus 2016 Gunung Sinabung erupsi sebanyak 19 kali dan awan panas guguran dengan jarak luncur 3.500 meter ke arah Tenggara-Timur.

Sebelumnya, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara terus bergemuruh. Kolom erupsi letusan hari ini sampai terlihat warga di Medan, yang jaraknya cukup jauh dari Kabupaten Karo.

Kolom erupsi Gunung Sinabung terlihat dari sejumlah sudut Kota Medan,‎ termasuk hingga titik terjauh di kawasan Belawan. Kolom letusan terlihat begitu jelas seiring cerahnya cuaca di Medan.

"Luar biasa tinggi sekali erupsinya. Saya baru kali ini melihat langsung," ujar Taher (32), warga Medan Selayang, Kota Medan.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Warga lainnya bernama Yan (35), juga mengatakan hal serupa. Bahkan, warga Kecamatan Medan Barat ini sampai mengajak anaknya untuk melihat tingginya kolom letusan.

"Mudah-mudahan saudara kita di Karo tetap dalam perlindungan yang Maha Kuasa dari efek negatif erupsi," harapnya.

Gunung Api Sinabung meningkat aktivitasnya sejak tiga hari terakhir. Petugas Pos Pemantau Gunung Api Sinabung, Dedy menyebutkan, sejak pukul 00.00 WIB tadi, sudah dua kali Gunung Sinabung erupsi dan tiga kali meluncurkan awan panas.

"Hari ini lebih tenang dari kemarin. Kalau kemarin 17 kali erupsi dan lima kali awan panas semburan dengan ketinggian kolom erupsi mencapai 1.200 meter. Cuma memang hari ini cuaca berawan, makanya terlihat jels kolom erupsinya. Tapi kalau puncak tertutup kabut," sebut Dery.

‎Sementara untuk kegempaan, Dery mengaku telah terjadi sebanyak 29 kali gempa guguran lava dan delapan kali gempa hybrid. "Itu dari pukul 00.00 WIB sampai 12.00 WIB hari ini," jelasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini