Share

Italia Berduka, Bendera Setengah Tiang Dikibarkan

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Sabtu 27 Agustus 2016 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 27 18 1474489 italia-berduka-bendera-setengah-tiang-dikibarkan-FZrIOvnPYR.jpg Pemakaman bagi para korban gempa Italia dimulai Sabtu (27/8/2016). (Foto: AFP)
A A A

ARGQUATA, ITALIA - Hari ini, Italia mulai menguburkan jenazah warganya yang menjadi korban gempa, Rabu 24 Agustus. Bahkan Pemerintah Italia mengumumkan Sabtu (27/8/2016) sebagai hari berkabung nasional dan menginstruksikan pengibaran bendera setengah tiang untuk mengenang 278 korban gempa.

Perdana Menteri Italia Matteo Renzi dijadwalkan menghadiri pemakaman negara bagi para korban dari Arquata. Kota ini merupakan salah satu yang mendapat dampak terparah gempa berskala 6,2 skala richter (SR) itu. Demikian dilansir BBC, Sabtu (27/8/2016).

Sebelumnya, status darurat telah diumumkan di daerah-daerah terdampak gempa. Pemerintah Italia juga sudah menyiapkan dana 50 juta euro untuk upaya pemulihan.

Otoritas resmi menyampaikan, jumlah korban jiwa gempa Italia masih pada angka 278 orang. Sejak pencarian dimulai Rabu lalu, belum ditemukan lagi orang yang selamat. Meski demikian, pemerintah berjanji akan terus mencari korban di bawah reruntuhan hingga mereka yakin tidak ada lagi yang dapat diselamatkan.

Sebagian besar korban gempa Italia adalah warga lokal. Namun banyak juga korban dari negara lain, kebanyakan sedang berlibur saat gempa mengguncang.

Upaya penyelamatan korba gempa Italia sendiri dipersulit dengan terjadinya ratusan tremor susulan. Bahkan, salah satu gempa susulan tersebut menutup akses ke jembatan utama yang menjadi pintu masuk Kota Amatrice.

"Mari berdoa semoga jembatan itu tidak runtuh atau Amatrice akan tertutup dari dua sisi," ujar Wali Kota Amatrice, Sergio Pirozzi.

 

Petugas kesulitan mengevakuasi korban karena guncangan ratusan tremor susulan. (Foto: AFP)

Lebih dari 200 warga Amatrice menjadi korban meninggal dalam gempa Italia. Sedangkan wilayah terdampak lainnya dengan kerusakan cukup parah adalah Arquata, Accumoli dan Pescara del Tronto.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini