Share

IPO Postal Savings Bank Terbesar di 2016

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Sabtu 27 Agustus 2016 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 27 278 1474714 ipo-postal-savings-bank-terbesar-di-2016-4swOobiRZB.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

BEIJING - Postal Savings Bank of China Co. dalam waktu dekat siap mencatatkan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) terbesar di dunia. IPO ini setelah mengantongi izin dari otoritas bursa Hong Kong.

IPO senilai USD8 miliar ini akan menjadi yang terbesar pada tahun 2016 dan terbesar kedua setelah pencatatan saham perusahaan e-commerce raksasa milik Jack Ma, Alibaba Group Holding Ltd pada September 2014 yang memperoleh dana segar sekira USD25 miliar. Demikian seperti dikutip Bloomberg, Jakarta, Sabtu (27/8/2016).

Bank yang berbasi di Beijing tersebut berencana mulai melakukan penawaran awal sekitar bulan September mendatang. Postal Savings pun menggandeng sejumlah underwriter seperti Bank of America Corp., China International Capital Corp., Goldman Sachs Group Inc., JPMorgan Chase & Co. dan Morgan Stanley.

Dalam dokumen pra-listing, Postal Savings membukukan peningkatan laba bersih pada kuartal pertama 2016 sebesar 11%. Hal ini terjadi pasca perusahaan itu memangkas anggaran provisi kredit bermasalah.

Hingga kini Postal Savings menolak memberikan keterangan soal rencana IPO bernilai jumbo itu. Namun yang perlu diketahui, Postal Savings juga ikut terjun ke bisnis berkarakteristik shadow-banking. Ini dikhawatirkan dapat membuat reputasi bank tersebut dipertanyakan calon investor.

Dalam dokumen IPO Postal Savings tercatat adanya investasi interbank bagi sebuah entitas bertujuan khusus atau biasa disebut Special Purpose Vehicle (SPV) senilai 953 miliar yuan atau setara USD144 miliar.

Hal ini termasuk juga produk-produk wealth management, rencana investasi trustee, management asset, dana investasi sekuritas.

Hingga tahun ini total nilai penjualan saham perdana di bursa Hong Kong baru sebesar USD9,7 miliar atau lebih rendah dari periode yang sama 2015 yang mencapai USD20,1 miliar.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini