Share

Pertama Kalinya Kontes Domba dan Kambing Dihadiri Presiden

Bayu Septianto , Okezone · Sabtu 27 Agustus 2016 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 27 338 1474580 pertama-kalinya-kontes-domba-dan-kambing-dihadiri-presiden-fVUC2YFJWb.jpg
A A A

BOGOR - Ratusan domba dan kambing mengikuti kontes ketangkasan Piala Kemerdekaan RI di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/8/2016).

Dalam kontes yang dihadiri Presiden Joko Widodo, sebanyak 875 domba dan kambing dibawa peternak ke Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, namun hanya 400 yang diikutkan dalam kontes.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam sambutannya merasa bangga dengan kontes yang diadakan dalam rangka memperingati hari lahir peternakan dan kesehatan hewan ke 180. Acara ini bertema 'Temu Wicara dan Kontes Domba Garut Piala Kemerdekaan RI'.

"Kami merasa bangga karena saat ini masyarakat peternak sedang memperingati hari lahir peternakan dan kesehatan hewan yang ke 180 yang diperingati tanggal 26 Agustus-26 September setiap tahun," ujar Amran.

Menurut Amran, kontes domba dan kambing ini merupakan yamg pertama kalinya dihadiri seorang presiden. "Ini hari bahagia bagi peternak kambing se-Indonesia. Ini adalah hari pertama yang dihadiri oleh bapak presiden Republik Indonesia," ungkap Amran.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, dan Wali Kota Bogor Bima Arya. Kehadiran Presiden Jokowi, menurut Amran dapat memberikan semangat kepada para peternak domba dan kambing untuk lebih giat meningkatkan populasi domba dan kambing.

Amran menuturkan perkembangan domba saat ini dinilai semakin baik di mana jumlah domba di Indonesia kurang lebih 17 juta ekor dan kambing 19 juta ekor. "Insya Allah ke depan kita mendorong ekspor dan ini menjadi perhatian pemerintah. Kita akan memberikan pendampingan dan bantuan. Sekaligus nanti diserahkan oleh presiden," pungkasnya.

Kontes domba yang diikuti seluruh kabupaten se-provinsi Jawa Barat itu memiliki empat kriteria penilaian yaitu Raja Petet, Raja Pejantan, Ratu Bibit, dan Raja Pedaging.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini