Share

Era Global, Kampus Perkuat Budaya Riset dan Inovasi

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Sabtu 27 Agustus 2016 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 27 65 1474534 era-global-kampus-perkuat-budaya-riset-dan-inovasi-Ef9qnl9sBt.jpg (Foto: Marieska Harya/Okezone)

DEPOK - Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis meminta agar Indonesia meningkatkan daya saing di era inovasi digital. Hal itu diungkapkan Anis dalam Upacara Wisuda Program Pendidikan Diploma/Vokasi, Sarjana, hingga Doktoral semester genap tahun akademik 2015/2016 dengan jumlah 8.060 lulusan di Balairung UI Kampus Depok.

"Ini tahunnya inovasi, kami kembangkan budaya riset dan inovasi sebagai institusi pendidikan yang menyandang nama besar bangsa Indonesia. UI berperan penting meningkatkan daya saing bangsa Indonesia," ucapnya.

World Economic Forum merilis Global Competitiveness Report 2015-2016 yang menunjukkan peringkat daya saing Indonesia menurun menjadi peringkat ke-37 dari 140 negara yang dinilai. Untuk itu, pihaknya berkomitmen untuk terus mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan bangsa guna menghasilkan lulusan yang unggul dan tangguh yang secara langsung berdampak pada peningkatan daya saing lulusan di tingkat global.

"Kepada para wisudawan, mahasiswa, dan sivitas akademika UI, kalian merupakan panji-panji UI yang akan terus berkibar. Marilah kita mengisi kemerdekaan dengan komitmen dan semangat untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan serta menciptakan ragam inovasi sebagai bekal bangsa Indonesia untuk mandiri dan berdaya saing di era globalisasi. Teruslah bekarya nyata dan inovatif melalui bidang keilmuan masing-masing," kata Anis.

Pada Program Sarjana Reguler, 727 wisudawan UI berhasil mendapatkan predikat cum laude. Indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Fallon Candra dari Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dengan IPK 3,98. Sementara pada Program Sarjana Kelas Internasional, 21 wisudawan meraih predikat cum laude dengan IPK tertinggi 3,94 yang diraih oleh Maria Priscila Komala lulusan dari program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Mahasiswa Berprestasi Nasional 2016 Irman Faiz juga turut diwisuda pada upacara wisuda semester genap kali ini. Irman merupakan lulusan program studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Prestasi juga datang dari dua mahasiswa berkebutuhan khusus atas nama Prayogo Triono (tunadaksa) dan Hendi Hogia (tunanetra) dari Fakultas Psikologi yang berhasil menyelesaikan perkuliahannya masing-masing selama empat dan 4,5 tahun. Keduanya juga turut mengikuti upacara wisuda kali ini. Lebih lanjut, Richard Henokh Kurniawan lulusan program studi Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer juga berhasil menyelesaikan masa studinya hanya dengan tiga tahun dengan IPK 3,83. (ira)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini