Share

Pascagempa Italia, Otoritas Lakukan Penyelidikan Bangunan

Rahman Asmardika , Okezone · Senin 29 Agustus 2016 01:09 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 29 18 1475340 pascagempa-italia-otoritas-lakukan-penyelidikan-bangunan-8o71hF4c0Q.jpg Seorang pria diangkat dari puing-puing bangunan yang runtuh akibat gempa di Italia, 24 Agustus 2016. (Foto: Reuters)
A A A

AMATRICE – Pascagempa berkekuatan 6,2 skala Richter yang melanda Italia pada Rabu, 24 Agustus 2016, pihak berwenang akan melakukan penyelidikan untuk mengetahui apakah ada kelalaian yang menyebabkan tingginya jumlah korban jiwa dalam bencana itu. Mereka juga akan memastikan tidak ada sindikat kejahatan terorganisir atau mafia yang menyusupi kontrak pembangunan kembali kota-kota yang hancur.

Lima hari sejak gempa Italia terjadi, pihak berwenang melaporkan jumlah korban jiwa telah mencapai 291 orang. Upaya pencarian dan penyelamatan korban yang terkubur di bawah reruntuhan bangunan masih terus berlangsung, meski harapan untuk menemukan korban yang masih hidup semakin menipis.

“Garis patahan sayangnya menjalankan fungsi mereka dan inilah yang disebut nasib, tapi jika bangunan dibuat seperti di Jepang, mereka tidak akan roboh,” kata Jaksa Penuntut Giuseppe Saieva sebagaimana dilansir dari Associated Press, Senin (29/8/2016). Saieva mengatakan tingginya jumlah korban jiwa tidak bisa hanya disalahkan kepada nasib.

Penyelidikan akan berfokus pada sejumlah bangunan termasuk sekolah dasar di Amatrice yang roboh meski baru saja mendapat renovasi untuk bertahan dari gempa pada 2012. Bangunan lainnya yang juga akan mendapat perhatian adalah menara lonceng di Acumoli yang hancur, menewaskan empat orang termasuk seorang bayi berusia 8 bulan. Menara tersbut juga baru saja mendapatkan renovasi untuk bertahan dari gempa.

Selain menewaskan ratusan warga, bencana gempa Italia pekan lalu juga menyebabkan hampir 2.700 orang kehilangan tempat tinggalnya. Jumlah korban hilang masih belum dapat dipastikan karena banyaknya wisatawan yang datang di daerah wisata yang terkena dampak gempa.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini