Share

Indonesia Jadi Negara yang Punya 3 Jenis Sumber Energi Fosil

Dhera Arizona Pratiwi , Okezone · Senin 29 Agustus 2016 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 29 320 1475603 indonesia-jadi-negara-yang-punya-3-jenis-sumber-energi-fosil-Ho49gM9xx8.jpg Ilustrasi: Reuters
A A A

JAKARTA - Indonesia diberkati oleh kekayaan sumber daya alamnya, terutama sumber energi fosil yang terdiri dari tiga jenis antara lain minyak bumi, batu bara, dan gas bumi. Tidak semua negara di dunia ini dikarunia oleh sumber energi fosil tiga jenis ini secara sekaligus.

Direktur Konservasi Energi Farida Zed mengatakan, negara-negara di kawasan Timur Tengah yang notabene merupakan penghasil sumber energi fosil terbesar saja hanya dikarunia oleh minyak dan gas bumi, namun tidak memiliki sumber energi batu bara.

"Tidak semua negara di dunia dikarunia dengan sumber energi fosil hanya beberapa negara. Utamanya saat ini sumber energi fosil paling banyak di dunia ditemukan di kawasan Timur Tengah. Itu juga yang besar potensinya hanya minyak dan gas bumi, tidak punya batu bara," ucapnya dalam sambutannya di Gedung Balai Kartini, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Kemudian di kawasan Asia Tengah, Indonesia merupakan salah satu dari sedikit negara yang dikarunia oleh sumber energi fosil tiga jenis sekaligus. "Kita alhamdulillah tiga-tiganya punya walau tidak banyak jumlahnya," tuturnya.

Atas dasar hal tersebut, kata dia, energi merupakan kebutuhan dasar manusia selain pangan dan air. Hampir seluruh aspek dalam kebutuhan manusia memerlukan energi.

"Semakin sejahtera, maka semakin banyak energi yang diperlukan. Untuk itu harus melalui pertimbangan penggunaan energi," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini