Share

PP Pracetak Akuisisi Saham Griyaton

Agregasi Selasa 30 Agustus 2016 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 30 278 1476643 pp-pracetak-akuisisi-saham-griyaton-BPvhq5kp9f.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Anak usaha PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) yakni, PT PP Pracetak membeli saham PT Menara Duta dalam PT Griyaton Indonesia. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta.

Disebutkan, jumlah saham Griyaton Indonesia yang diambilalih sebanyak 1.258.150 saham dengan nilai transaksi Rp40.000.000.000.

Pemindahan tersebut dilakukan secara langsung beserta penyerahan hak (cessie) atas piutang Menara Duta kepada PT Griyaton Indonesia. PT PP Pracetak adalah anak usaha perseroan yang bergerak dalam bidang industri beton siap pakai dan pressing serta industri material bangunan.

Sebagai informasi, Direktur Penilaian Perushaaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Samsul Hidayat pernah bilang, PT PP Precast akan segera melakukan penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/IPO) pada tahun ini dengan memakai laporan keuangan Maret 2016.

”Harusnya tahun ini, pakai buku Maret, jadi harus segera. Harusnya efektifnya keluar sebelum September,” ujarnya.

PP Precast disebut akan mengeluarkan 40 persen sahamnya dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh. Namun, untuk jumlah saham dan harga saham nya sendiri masih belum ditentukan oleh calon emiten tersebut.

”Harganya belum tahu, kan book building nanti,” kata Samsul.

Lebih lanjut Samsul menyatakan, ada beberapa anak usaha Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya yang akan melakukan IPO. Sayangnya, ia masih belum bisa mengatakan perusahaan mana saja yang sudah dalam tahap pembicaraan.

”Ada beberapa yang berencana tahun ini, tapi kalau tidak bisa diselesaikan tahun ini mungkin tahun depan. Kalau anak perusahaan kan diauditnya tinggal dipotong dari induk usaha. Berapa anak perusahaan belum bisa dipastikan, takutnya kalau disampaikan gajadi,” jelasnya.

PTPP mengemukakan bahwa ada tiga anak usahanya yang akan melakukan IPO, di antaranya PP Precast, PP Peralatan, dan PP Energi. Sejatinya, PP Precast dan PP Peralatan direncanakan IPO pada tahun depan. Sementara, PP Energi akan dilakukan skema spin off terlebih dahulu karena saat ini PP Energi masih menjadi unit usaha dari PTPP.

PP Precast berencana membidik dana sebesar Rp1,1 triliun dari proses IPO tersebut. Sedangkan PP Peralatan berencana menyerap dana sebesar Rp1,5 triliun.

”PP Peralatan akan menyerap dana Rp1,15 triliun, PP Precast akan menyerap Rp1,1 triliun," kata Direktur Utama PTPP, Tumiyana.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini