Share

Dengan Fintech, Jokowi: Yang Tidak Mungkin Bisa Jadi Mungkin

Hendra Kusuma , Okezone · Selasa 30 Agustus 2016 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 30 320 1476506 dengan-fintech-jokowi-yang-tidak-mungkin-bisa-jadi-mungkin-JDPcf8L2wU.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

TANGERANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, dengan industri jasa keuangan berbasis teknologi aplikasi atau financial technology (fintech) menjawab berbagai macam masalah yang selama ini dihadapi pemerintah.

Salah satunya pada layanan keuangan, kata Jokowi, Indonesia dengan memiliki lebih 17.000 pulau masih belum sepenuhnya terkoneksi dengan layanan keuangan.

Oleh karena itu, Jokowi berharap para generasi muda bisa membangun korporasi berbasis aplikasi yang akan mengakomodir nelayan, petani sehingga memiliki skala ekonomi yang baik.

"Jadi memiliki akses permodalan, dan hal yang dulu tidak mungkin bisa menjadi mungkin karena ada Fintech teknologi informasi," kata Jokowi saat meresmikan pembukaan acara Fintech Festival di ICE BSD City, Selasa (30/8/2016).

(Baca Juga: Jokowi Minta Fintech Fasilitasi Petani dan Nelayan)

Jokowi mengaku, sangat menghargai adanya inovasi dan terobosan-terobosan baru pada sistem layanan keuangan di Indonesia. OJK, kata Jokowi, sebagai regulator harus menyiapkan payung hukumnya.

"Kalau ini bisa dilakukan dengan model yang bisa diterima petani, nelayan, saya meyakini bahwa petani kita, nelayan kita akan bisa sejahtera," tambahnya.

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan inklusi keuangan Indonesia, Presiden Jokowi juga mengajak seluruh kalangan dapat berpartisipasi pada industri jasa keuangan berbasis aplikasi (Fintech).

"Saya terus mengajak berinovasi, menghasilkan terobosan sepreti aplikasi digital yang saya sampaikan yang dapat berguna meningkatkan inklusi keuangan," kata Jokowi.

Jokowi pun sangat optimis peningkatan inklusi keuangan adalah salah satu hal yang penting sebagai alat memangkas kesenjangan pendapatan di negara Indonesia dan dunia.

"Saya berharap konferensi ini dapat melahirkan terobosan dalam penggunaan teknolpgi digital dan inklusi keuangan," tukasnya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini