Share

Hary Tanoe: Partai Perindo Hadir untuk Membangun Masyarakat

MNC Media , Jurnalis · Selasa 30 Agustus 2016 21:53 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 30 340 1477122 hary-tanoe-partai-perindo-hadir-untuk-membangun-masyarakat-GwAfJ8Xl2u.jpg Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo saat di Palembang (foto: MNC Media)
A A A

PALEMBANG - Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (Hary Tanoe) terus menggenjot militansi kader di daerah. Dia meminta seluruh kader partai berlambang rajawali itu untuk memaksimalkan program partai yang membangun masyarakat khususnya menengah bawah.

“Partai Perindo hadir untuk membangun masyarakat belum produktif menjadi produktif,” ujarnya saat memimpin rapat konsolidasi DPP dengan DPW, DPD dan sayap Partai Perindo se-Sumatera Selatan di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (30/8/2016).

Dia mengatakan, selama ini pertumbuhan ekonomi hanya dinikmati kalangan elit di kota-kota besar saja. Sementara kalangan menengah bawah seperti petani, nelayan, buruh dan pelaku UMKM tak terbangun dengan baik.

“Masyarakat yang belum mapan dan tidak produktif lebih banyak. Mereka mayoritas di negara kita,” ungkapnya.

 

Bukan hanya kesenjangan kesejahteraan masyarakat, kesenjangan pembangunan daerah pun terus melebar. Dari 514 kabupaten/kota di Tanah Air, hanya kota-kota besar yang sudah mapan. Diantaranya Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Makassar, Denpasar dan kota besar lainnya.

Hal serupa terjadi di India. Seperti Indonesia, negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia itu menerapkan liberalisme atau kapitalisme saat mayoritas masyarakatnya belum siap secara kesejahteraan dan pendidikan.

“Kalau di India, New Delhi dan Mumbai yang terbangun, orang kaya di sana semua. Begitu keluar dari daerah itu, yang miskin dimana-mana,” tuturnya.

Seharusnya, lanjut Hary Tanoe, Indonesia meniru negara-negara yang sudah maju seperti China dan Amerika Serikat. Mereka berhasil membangun, dan pada saat bersamaan terjadi pemerataan kesejahteraan masyarakat.

"Pastikan terjadi pemerataan kesejahteraan dan pembangunan antar daerah. Agar Indonesia cepat menjadi negara maju,” ucap pria asal Jawa Timur itu.

Dia menegaskan, dibutuhkan kebijakan yang berpihak kepada rakyat kecil untuk membenahi struktur masyarakat dan mengatasi kesenjangan sosial yang terjadi di Tanah Air.

Menurutnya, dibutuhkan akses modal murah dan mudah, pelatihan keterampilan serta proteksi untuk membangun masyarakat bawah menjadi menengah, yang menengah ke atas.

“Supaya kelompok atas semakin banyak tiap tahun, bukan hanya di daerah tertentu tapi merata. Seandainya itu terjadi, banyak lapangan kerja yang akan tercipta dan di saat bersamaan menambah basis pembayar pajak,” terangnya.

Untuk itulah, dia menginstruksikan agar seluruh kader di daerah memenangkan Partai Perindo pada pesta demokrasi mendatang.

“Untuk melakukan perubahan harus melalui kebijakan. Konsekuensinya, kita menangkan Partai Perindo di pusat dan daerah,” tuturnya.

Saat ini, Partai Perindo menjalankan berbagai program untuk membangun masyarakat guna mempersempit kesenjangan sosial. Salah satunya Gerobak Perindo. UMKM binaan diberikan gerobak usaha gratis yang disertai pembinaan, pelatihan dan pendampingan agar kesejahteraannya meningkat.

“Ada kader kita dari 1 gerobak sekarang punya 170 gerobak dengan 500 karyawan, dan bisa bayar pajak. Kalau semua bisa seperti ini, lapangan kerja tercipta dimana-mana, di seluruh daerah dan pembayar pajak basisnya makin banyak sehingga meningkatkan tax ratio,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Perindo Sumatera Selatan Febuar Rahman meyakini kehadiran Hary Tanoe untuk memberikan arahan langsung akan mengobarkan semangat kader dalam memperjuangkan idealisme partai.

“Saya yakin wejangan-wejangan yang disampaikan ketum akan membuat militansi kader-kader di Sumatera Selatan semakin meningkat,” tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini