Share

Soccerpedia: Ter Stegen, Portero Barca si Raja Umpan

Randy Wirayudha, Okezone · Selasa 30 Agustus 2016 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 30 46 1476615 soccerpedia-ter-stegen-portero-barca-si-raja-umpan-R6oLa1G71s.jpg
A A A

BARCELONA – Siapa bilang di Barcelona hanya Lionel Messi yang punya catatan rekor melimpah? Ternyata pemain lainnya dan lebih lagi yang berposisi portero (kiper), punya torehan rekor La Liga yang tak kalah mentereng.

Adalah Marc-André ter Stegen. Pengawal mistar Barca asal Jerman ini tampil di jornada kedua La Liga akhir pekan lalu di San Mames, sebagai pengganti Claudio Bravo yang hengkang ke Manchester City.

Ter Stegen sendiri musim lalu terbilang kalah saing dengan Bravo. Di La Liga musim 2016/2017 ini pun, nampaknya juga eks kiper Borussia Mönchengladbach itu juga mesti bersaing ketat lagi dengan kiper baru Barca, Jasper Cillessen.

Nah terlepas dari sisi persaingan, ada rekor tersendiri yang ternyata dibuat Ter Stegen. Akhir pekan lalu di La Liga saat bertandang ke San Mames, markas Athletic Bilbao, Ter Stegen memecahkan rekor passing atau umpan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di malam itu, Ter Stegen total melakukan 62 percobaan passing dari barisan terbelakang. Dari 62 percobaan, 51 passing di antaranya completed atau sukses melewati pemain lawan untuk diterima rekan setim dengna akurasi 82,3 persen per umpannya.

Well, catatan ini memang jarang orang tahu. Tapi disebutkan bahwa Ter Stegen, memecahkan rekor yang selama ini bertahan 10 tahun di La Liga.

Torehan itu juga jauh jika dibandingkan dengan kiper-kiper Liga Inggris akhir pekan lalu. Catatan Shay Given (Stoke City) dan Michel Vorm (Tottenham Hotspur) hanya 26 completed passing, Adrián San Miguel (West Ham United) serta Willy Caballero (Manchester City) 23 passing.

Jika dirasa kurang ciamik, coba kita bandingkan dengan beberapa pemain gelandang yang memang biasa melakukan umpan. Yang pasti, 51 completed passing Ter Stegen juga masih unggul dengan para gelandang di Premier League di akhir pekan lalu.

Dari catatan Mirror, Selasa (30/8/2016), akhir pekan lalu di Liga Inggris pemain yang paling banyak melayangkan umpan yang sukses adalah Kevin de Bruyne. Catatannya mencapai 49 completed passing dan tentunya itu masih kalah dari Ter Stegen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini