Share

Indonesia Waspada Virus Zika, Ini Anjuran Menkes

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 30 Agustus 2016 11:45 WIB
$detail['images_title']
Menteri Kesehatan RI, Prof Nilla F Moeloek (Foto: Okezone)

VIRUS zika sudah beredar di negara tetangga, Singapura. Maka, Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila F Moeloek Spm(K) mengingatkan kepada masyarakat untuk melakukan tes darah demi kewaspadaan terhadap virus tersebut.

Menkes mengatakan, semua Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sudah disiagakan. Tenaga kesehatan yang betugas di KKP diharap dapat mengecek kondisi kesehatan setiap orang yang masuk ke Indonesia dari Negeri Singa itu.

"Kami sudah dapat info dari Kementerian Luar Negeri. Menlu mengatakan agar zika dari Singapura kita atasi," terang Menkes saat ditemui di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Caranya yakni setiap orang wajib melakukan tes darah. Hasilnya akan diketahui secara tepat dan akurat.

"Orang-orang yang masuk dari Singapura dengan demam harus dilakukan pengambilan darah. Kemudian dicek darahnya mengandung zika atau tidak," katanya.

Menkes menambahkan, setelah melakukan pemeriksaan, pasien harus mengisi alert card. Jika hasilnya positif, pasien zika wajib melakukan karantina agar tidak menularkan ke orang lain.

"Habis diperiksa harus mengisi alert card. Jika positif kita tentu panggil," tukasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)