Share

TOP HEALTH 2: Makanan Bernutrisi agar Tetap Bugar saat Menstruasi

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 30 Agustus 2016 21:45 WIB
$detail['images_title']
Konsumsi pisang agar tetap sehat saat menstruasi (Foto: thehealthsite)

MENSTRUASI membuat wanita memerlukan lebih banyak nutrisi untuk memenuhi kekurangan zat pembentuk sel darah. Mengonsumsi makanan bernutrisi juga penting untuk membuat menstruasi lancar dan nyaman.

Berikut adalah rekomendasi makanan sehat untuk dikonsumsi saat menstruasi, seperti dikutip dari Boldsky, Selasa (30/8/2016).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Air

Jangan pernah meremehkan konsumsi hanya air putih. Selama menstruasi, pastikan Anda minum banyak air dua liter air setiap hari. Selain membuat tubuh terhidrasi, ini juga bisa menyeimbangkan kehilangan ion.

Pisang

Salah satu buah dengan sumber potasium terbaik, juga vitamin B, akan mendukung menstruasi sehat. Makan 1-2 pisang setiap hari untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Sayuran hijau

Zat besi sangat dibutuhkan pada saat menstruasi untuk mengganti kehilangan darah. Sayuran hijau adalah salah satu penyedia kebutuhan zat besi.

Daging merah

Daging merah sebaiknya tidak Anda hindari selama datang bulan karena mengandung nutrisi yang bisa memenuhi kekurangan zat besi Anda.

Ikan

Jika Anda menyukai ikan, cobalah ikan tuna dan salmon selama menstruasi. Kedua ikan tersebut kaya akan omega 3 yang dapat membantu merelaksasi otot-otot yang keram selama siklus menstruasi.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Selama hari-hari menstruasi yang tidak nyaman dan menyakitkan, Anda mungkin ingin melampiaskannya dengan banyak ngemil. Alih-alih makan gorengan dan makanan berlemak, cobalah beralih ke kacang-kacangan dan biji-bijian.

Sumber makanan tersebut menyehatkan karena sarat dengan vitamin, serat, dan juga dapat mengenyangkan. Namun tetap pilih makanan yang bebas gula atau garam tambahan.   

(hth)