Share

Presiden Uzbekistan Diisukan Meninggal Dunia

Rahman Asmardika , Okezone · Rabu 31 Agustus 2016 01:34 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 31 18 1477195 presiden-uzbekistan-diisukan-meninggal-dunia-rlG9X48gm0.jpg Presiden Uzbekistan Islam Karimov. (Foto: Reuters)
A A A

TASHKENT – Setelah mengalami sakit parah dan harus dilarikan ke rumah sakit, Presiden Uzbekistan Islam Karimov diisukan telah meninggal dunia pada Senin, 29 Agustus 2016. Meski belum ada konfirmasi dari pemerintah di Tashkent, rumor ini mencuatkan pembicaraan mengenai pewarisan kekuasaan di negara eks Uni Soviet itu.

Kondisi kesehatan Karimov dikonfirmasi oleh putrinya Lola Karimova-Tillyaeva melalui media sosial Instagram. Diktator berusia 78 tahun itu diklaim dalam kondisi stabil setelah menderita pendarahan pada otaknya.

Daniil Kislov pimpinan kantor berita Fergana yang pertama kali mengembuskan isu meninggalnya Karimov mengatakan dirinya 99 persen yakin sang presiden telah mangkat. Dugaan ini didukung oleh pengamat Uzbekistan lainnya yang setuju jika memang Karimov belum meninggal dunia maka dia akan berada dalam keadaan yang tidak memungkinkannya untuk kembali memerintah.

Dengan berasumsi Karimov telah meninggal dunia, muncul pertanyaan mengenai siapa yang akan menggantikannya mulai mengemuka. Sebagian pengamat meyakini rencana mengenai hal ini telah dibuat sejak jauh-jauh hari dan mungkin telah berjalan mengingat kondisi kesehatan Karimov yang semakin lemah.

“Kami benar-benar tidak tahu banyak. Mungkin sudah ada rencana yang dijalankan sebelumnya. Mungkin ada pertempuran yang sedang berlangsung saat ini. Mungkin ada negosiasi. Tidak ada informasi,” kata Daniil sebagaimana dilansir Guardian, Rabu (31/8/2016).

Beberapa nama mulai disebut-sebut sebagi penerus Karimov di antaranya putrinya Gulnara Karimova yang saat ini rimbanya tidak diketahui, Perdana Menteri (PM) Shavkat Mirziyoyev, serta kepala keamanan Uzbekistan.

Detail mengenai hal ini kemungkinan baru akan diungkap pekan depan setelah pemerintah tidak lagi dapat menjelaskan absennya Karimov dalam perayaan Hari Kemerdekaan Uzbekistan yang jatuh pada 1 September. Acara ulang tahun Kemerdekaan yang sedianya digelar pada Kamis ini dibatalkan karena kondisi kesehatan Karimov yang menurun.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini