Share

Demo Tax Amnesty, Buruh: Keadilan Telah Mati!

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Rabu 31 Agustus 2016 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 31 20 1477526 demo-tax-amnesty-buruh-keadilan-telah-mati-tjAYilHjiS.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Siang ini Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan demo di depan Mahkama Konstitusi (MK). Pada aksi demo tersebut buruh meminta pemerintah membatalkan Undang-Undang (UU) Tax Amnesty.

Dalam orasinya buruh berteriak hadirnya tax amnesty adalah awal kematian keadilan di Indonesia. Buruh menilai pemerintah telah salah kaprah mengesahkan tax amnesty dan mengampuni pengusaha besar yang selama ini tidak bayar pajak.

Sementara buruh yang memiliki pendapatan pas-pasan taat membayar pajak. Pasalnya gaji yang diterima buruh setiap bulannya selalu dipotong pajak. Atas kejadian ini, buruh menilai tax amnesty mencederai keadilan di Indonesia.

"Telah pulang ke rahmatullah keadilan di negeri ini, bagaimana mungkin pengusaha yang memarkir uang di luar negeri enggak bayar pajak, padahal buruh di Indonesia selalu ditarik pajak, itu tidak adil sama sekali," tegas orator dalam demo buruh di depan Gedung MK, Rabu (31/8/2016).

Buruh juga menyoroti pemerintah Indonesia yang tidak memanfaatkan terbongkarnya panama papers untuk mengejar para pengemplang pajak. Pemerintah justru memilih mengadakan program tax amnesty dan mengampuni pengusaha yang tidak taat pajak.

"Pemerintahan dinegara lain kecuali Indonesia memanfaatkan panama papers sebagai perburuan pengemplang pajak. Tapi kita malah memanfaatkan momen ini sebagai pengampunan pajak, ini mencederai masyarakat yang selama ini patuh bayar pajak," tukasnya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini