Share

Mogok Kerja Jadi Penyebab 18 Pilot Lion Air Dipecat

Regina Fiardini , Okezone · Rabu 31 Agustus 2016 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 31 338 1478174 mogok-kerja-jadi-penyebab-18-pilot-lion-air-dipecat-BmdnDKlcFe.jpg Ilustrasi Lion Air (Foto: Antara)
A A A

JAKARTA - Sebanyak 18 pilot dan co-pilot Lion Air diberlakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh pihak manajemen. Rupanya, hal itu merupakan buntut dari mogok kerja pada 10 Mei 2016 lalu yang dilakukan puluhan pilot.

"10 Mei 2016 adalah puncak gunung es. Setelah kejadian itu mereka (yang terabung dalam serikat kerja) tidak pernah dipanggil sama sekali," kata Wakil Ketua Asosiasi Pilot Lion Group (APLG), Hasan Basri di SPKT Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

(Baca: Merasa Dikriminalisasi, Asosiasi Pilot Polisikan Direktur Umum Lion Group)

Padahal sebelum tanggal itu, mereka memiliki jam terbang yang padat. Namun setelah aksi mogok kerja, tidak ada satupun di antara mereka yang diberi waktu untuk menerbangkan pesawat berlogo singa itu.

Saat disinggung soal alasan mogok kerja itu, pria yang sudah tiga tahun bekerja sebagai pilot di Lion Air itu mengaku karena mereka sedang dalam kondisi emosi.

"Kejadian (10 Mei) bahwa ada ratusan penerbangan delay karena pilotnya slow down. Kalau saya melakukan penerbangan saat itu, dapat bahaya atau disebut saya tidak melakukan safety first. Karena kondisi sedang emosi, kalau emosi dilarang terbang," tutur dia.

Mungkin kejadian mogok masal itu mengakibatkan citra Lion Group menjadi buruk. Hingga akhirnya 18 di antara mereka diberhentikan tidak hormat.

"Total yang di PHK 18 orang yaitu ketua dan (yang terabung dalam) organisasinya. Tanpa ada pemberitahuan dan diajak diskusi. Saya dimiskinkan, lisensi saya dimatikan," imbuhnya.

Adapun sambung Hasan, alasan pihaknya melakukan aksi mogok kerja karena melihat manajemen telah merugikan pegawainya. Di antaranya soal masalah kontrak kerja, BPJS, dan keuangan (gaji).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini